Connect with us

Basketball

Unpri Juara LIMA Basket Sumatra 2018

Universitas Prima Indonesia (Unpri) keluar sebagai kampiun LIMA Basketball: Go-Jek Sumatra Conference (SMC) 2018 setelah memenangi partai terakhir yang menentukan kontra Eka Prasetya. Sebelum duel di GOR Unpri Kampus 3 pada Jumat (13/7).

Universitas Prima Indonesia (Unpri) keluar sebagai kampiun LIMA Basketball: Go-Jek Sumatra Conference (SMC) 2018 setelah memenangi partai terakhir yang menentukan kontra Eka Prasetya. Sebelum duel di GOR Unpri Kampus 3 pada Jumat (13/7) ini, Unpri dan Eka Prasetya sama-sama mencatatkan lima kemenangan dari lima laga. Laga ini pun bak final.

Dengan pertaruhan menjadi yang terbaik, duel berlangsung keras dan ketat. Namun, Unpri tampil gesit di awal laga. The Spartans, julukan Unpri, bisa unggul 8-0 sebelum Eka Prasetya memperkecil ketertinggalan menjadi 8-2.

Di kuarter ini, Eka Prasetya hanya berhasil melesakkan satu field goal dari 10 percobaan. Unpri membuat 5 tembakan daerah dari 13 kali percobaan. Tembakan Harianto (nomor punggung 5) di detik-detik terakhir membuat Unpri unggul 12-4 di kuarter pertama. Tiga pemain Unpri, Bernando Zudhistira (0), Harianto, dan Leonardo Hendi (13) masing-masing menyumbangkan empat poin buat timnya di kuarter pembuka ini. Empat poin Eka Prasetya diborong Dennis Irwin (8).

Eka Prasetya mulai menaikkan efektivitas permainan mereka di kuarter kedua. Mereka bisa menambahkan 10 poin, salah satunya dari tembakan tiga angka Dennis Irwin. Skor 12-4 untuk Unpri.

Pertahanan rapat Eka Prasetya mulai membuat Spartans kesulitan menambah poin. Beberapa kesalahan membuat tuan rumah kehilangan penguasaan bola. Mereka hanya bisa menambah lima angka, tiga di antaranya dari Hendra Wjaya (7) juga dari tripoin.

Setelah jeda antarparuh pertandingan, Unpri kembali mengambil inisiatif menyerang. Spartans berhasil menambah empat poin. Namun, tembakan tiga poin guard Eka Prasetya, Hendra Wijaya (88) sempat memangkas jarak menjadi 21-20. Saling kejar tergelar di kuarter ini.

Sebuah fast break yang diakhiri lay-up Edrick Wijaya (11) membawa Unpri memimpin 27-22 saat waktu kuarter ketiga tersisa 3 menit 24 detik. Unpri memperlebar jarak di dua menit berikutnya menjadi 31-24. Skor ini bertahan sampai akhir kuarter ketiga.

Di kuarter keempat, Unpri memanfaatkan dukungan suporter yang mendatangi GOR Unpri Kampus 3 untuk mencetak poin-poin penting. Di lima menit pertama kuarter penutup ini, kedudukan 33-30.

Spartans meningkatkan ketajaman dengan hasil tujuh field goal dari 16 usaha termasuk dua kali tembakan tiga angka yang masuk dari lima percobaan. Bernando mengoleksi enam poin, terbanyak untuk Unpri di kuarter pamungkas ini. Sang bigman juga menjadi top-scorer laga itu dengan 14 poin. Pemain Eka Prasetya, Dennis Irwin, juga mencetak perolehan yang sama, tapi gagal mencegah kekalahan timnya.

Dengan kemenangan 47-36 ini, Unpri keluar sebagai kampiun LIMA Basketball: Go-Jek Sumatra Conference 2018. Mereka akan mewakili Sumatra di LIMA Basketball Nationals yang akan dihelat pada 9-16 Agustus di Jawa Timur.

“Kami tentu gembira dengan pencapaian ini. Namun, kami masih harus membenahi banyak hal untuk bisa bersaing di Nationals nanti,” ucap Jenny, pelatih Unpri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Basketball