Connect with us

LIMA Badminton: Yuzu Isotonic CJYC Season 8

Unnes dan Unsoed Melaju ke Semifinal

Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil melaju ke babak semifinal usai memenangi pertandingan terakhir mereka di Pul B LIMA Badminton: Yuzu Isotonic Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 8. Kedua pertandingan tersebut diselenggarakan pada waktu yang bersamaan pada Jumat (13/3), di Gelanggan Olahraga Prof. Sudarto, S.H., Universitas Semarang (USM).

Pada lapangan satu, tergelar pertandingan antara Unnes melawan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Unnes berhasil memenangi pertandingan dengan skor 4-1.

Unnes berhasil unggul terlebih dahulu pada nomor tunggal. Juara perseorangan tunggal putra, Syaherdian Juniarto, mampu meraih kemenangan atas Ulinuha Faris Nasrullah dua set langsung, yakni 21-11 dan 21-12.

Ganda pertama UNS, Alfani Wiratama/Ali Dal Muhammad, mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Pasangan tersebut menang dengan skor 22-20 dan 21-16 atas Ade Ryan Pangestu/Imam Abda Syuhada.

Kedua tim berusaha untuk mengambil poin di tripel. Abdeery Prima/M. Rizki/Betaolis Ndaru bisa memenangi set pertama dengan skor 21-16 atas Dipa Samunggolo/Surya Adi/Muhammad Fauzi. Pada set kedua, Dipa/Surya/Fauzi mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah menang di set dua dengan skor 21-15. Pertandingan dilanjutkan lewat rubber game. Alhasil, tripel Unnes berhasil menjadi pemenang di nomor ini dengan skor 11-7.

Muhammad Daffa Nugraha yang berstatus sebagai runner-up perseorangan tunggal putra musim lalu, mampu menambah keunggulan Unnes menjadi 3-1. Student athlete jurusan Pendidikan Jasmani Rekreasi Olahraga tersebut menang dua set langsung dengan angka kemenangan 21-7 dan 21-19 atas Sarif Udin Nur Hidayat.

Unnes menutup pertandingan dengan kemenangan di nomor ganda kedua. Duet Akmal Farabi/Syaherdian Juniarto mampu menaklukkan perlawanan ganda UNS, Abdeery Prima/Muhammad Rizki, dengan skor 21-17 dan 23-21.

Meskipun tidak berhasil melaju ke babak empat besar, manajer UNS, Aditya Muchlis Wicaksono, tetap bangga kepada para pemainnya musim ini. “Kami menargetkan kepada para pemain agar dapat bermain secara maksimal di setiap pertandingan. Kami bersyukur dengan hasil yang diraih oleh regu putra UNS musim ini. Kami menjadikan musim ini sebagai pelajaran bagi kami untuk bermain lebih baik lagi di musim depan. Musim depan kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa lolos ke babak semifinal dan melaju ke Nationals,” ucapnya.

“Alhamdulillah kami meraih kemenangan di pertandingan ini dan melangkah ke semifinal sebagai juara grup. Akan tetapi, kami sedikit menyesali kekalahan yang diraih oleh ganda pertama kami, Ade Ryan/Imam Abda. Mereka tidak menampilkan performa yang terbaik di pertandingan ini. Menurut saya, para pemain bermain tidak lepas dan tertekan sehingga mental mereka menjadi turun. Hal tersebut akan menjadi evaluasi bagi tim kami untuk menjalani semifinal melawan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta” ucap manajer Unnes, Anjas Eko Wibowo.

Pada waktu yang bersamaan, terjadi pertandingan antara Unsoed melawan Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta. Unsoed mampu memenangi pertandingan dengan sempurna, yakni 5-0.

Gilang Nurma Pradhitya yang turun sebagai tunggal pertama Unsoed, mampu memaksimalkan kesempatan dengan meraih kemenangan atas Dimas Ilham Azhari. Student athlete jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi tersebut menang dua set langsung dengan angka kemenangan 21-10 dan 21-12.

Ganda pertama UTP, Aqshal Karismanda/Handika Rachman, mampu menampilkan permainan yang apik melawan Chayatul Maqi/Sendy Hera. Akan tetapi, Chayatul/Sendy mampu menjadi pemenang di nomor tersebut lewat rubber set dengan angka kemenangan 19-21, 21-11, dan 11-5.

Asydika Vito/Ihza Hafiz/Gilang Nurma, menambah keunggulan Unsoed menjadi 3-0 setelah menang di nomor tripel. Tripel Unsoed tersebut bisa memenangi pertandingan dengan skor 21-15 dan 21-7 atas Arba’in Nur/Christian Pandu/Dimas Ilham.

Unsoed mendominasi pertandingan setelah menang di nomor tunggal kedua. Rajid Apriawan mampu memberikan kemenangan keempat bagi Unsoed atas Enggar Erlangga, yakni 21-13 dan 21-18.

Regu putri Unsoed menutup pertandingan dengan kemenangan di nomor ganda kedua. Duet Asyidika Vito/Yudhistira Wahyu berhasil meraih kemenangan atas ganda kedua UTP, Arba’in Nur/Mohammad Aris, dua set langsung dengan skor 23-21 dan 21-14.

Pelatih Unsoed, Tegar Dirgantara, senang dengan hasil yang diberikan para pemain di pertandingan penentuan hari ini. “Sebagai pelatih, saya sangat puas dengan hasil yang diberikan para pemain pada musim ini. Sebagai pelatih, saya bersyukur bisa melaju ke babak semifinal. Hal ini di luar ekspektasi saya sebagai pelatih,” ujarnya.

“Untuk pertandingan selanjutnya di semifinal melawan tuan rumah, Universitas Semarang (USM), saya berharap para pemain tetap menampilkan yang terbaik di lapangan. Meskipun kami berhasil melaju ke babak empat besar, saya tetap melakukan evaluasi kepada para pemain terutama mengenai fokus para pemain di lapangan,” tambahnya.

Walaupun UTP gagal meraih poin di pertandingan terakhirnya, pelatih sekaligus dosen UTP, Mocchamad Sholeh, mengaku bangga dengan perjuangan para pemain di turnamen badminton musim ini. “Hasil musim ini tidak sesuai dengan ekspektasi dan harapan saya sebagai pelatih. Akan tetapi, saya tetap bangga dengan perjuangan yang diberikan para pemain di lapangan. Para pemain mengalami peningkatan performa di musim ini dibandingkan dengan musim sebelumnya. Namun, kami menjadikan musim ini sebagai bekal yang penting bagi kami untuk menjalani musim depan. Saya berharap kami dapat meraih gelar juara di LIMA Badminton: Yuzu Isotonic Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference musim depan,” ucapnya.

Dengan hasil ini, Unnes berhasil menjadi juara grup dan Unsoed berada di posisi runner-up klasemen Pul B LIMA Badminton: Yuzu Isotonic Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 8. Kedua tim menjadi wakil Pul B di semifinal. Unnes akan bertemu dengan runner-up Pul A, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, sedangkan Unsoed akan menantang tuan rumah, Universitas Semarang (USM).

Datang dan saksikan pertandingan antara Unnes melawan UII dan Unsoed melawan USM di semifinal LIMA Badminton: Yuzu Isotonic Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 8 secara langsung di Gelanggang Olahraga Prof. Sudarto, S.H., Universitas Semarang (USM), atau livestream lewat kanal Youtube Liga Mahasiswa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Badminton: Yuzu Isotonic CJYC Season 8