Connect with us

LIMA Badminton: Blibli.com WJC Season 8

Unikom Pertahankan Gelar

Bandung – Universitas Komputer Indonesia (Unikom) berhasil mempertahankan gelar mereka di LIMA Badminton: Blibli.com West Java Conference Season 8 setelah memenangi laga di babak final atas Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan skor 3-0. Pada laga lain yang juga berlangsung di GOR Tri Lomba Juang, Minggu (15/3), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meraih peringkat ketiga.

LIMA Badminton: Blibli.com West Java Conference Season 8 menjadi gelar keenam untuk Unikom. Pada pertandingan babak final ini, mereka mengantungi kemenangan pertama lewat Yosafat Efraim Desuari Is Real. Kemampuan kedua pemain pada laga ini seimbang. Namun, Yosafat mampu mengalahkan wakil Unpad, Michael Detanto, setelah melewati rubber game. Ia menutup pertandingan dengan skor 22-24, 21-17, 11-3.

Beno Drajat/Muhamad Rizquloh Alfarizqi menyumbang kemenangan untuk Unikom. Smes-smes mereka terlihat sedikit lebih unggul daripada lawan pada laga ini. Setelah 38 menit, ganda Unikom tersebut mengakhiri pertandingan atas Firhan Dzikri Fadillah/Riki Nur Fajar Rohman, dengan skor 21-19, 21-17.

Aldi Efendi/Fauzi Feisal Hariswan/Tri Haryanto memastikan kemenangan untuk Unikom. Pertandingan pada partai ini berlangsung cukup ketat. Pada set pertama, kedua tim harus menjalani deuce. Aldi/Fauzi akhirnya memenangi laga dengan skor 22-20, 21-19, saat berhadapan dengan Afdhal Andra Arrafi/Gilang Yudha Kusuma, selama 40 menit dan menghabiskan 14 shuttlecock.

Ariyanto Wibisono, pelatih Unikom, mengucapkan rasa syukurnya bisa mengoleksi gelar untuk keenam kalinya. Ia mengatakan, “Alhamdulillah kami bisa mencapai target yang diinginkan. Selama kompetisi di conference Jawa Barat ini, para pemain mengalami peningkatan. Evaluasi yang diberikan juga dijalani dengan baik.”

“Prestasi ini untuk Rektor Unikom yang kemarin berulang tahun. Gelar ini akan menjadi kado dari kami. Untuk di Nationals, setidaknya kami ingin mengulang seperti tahun lalu, atau bahkan lebih baik lagi. Fase Nationals akan diundur. Jadi, kami memiliki waktu untuk memperbaiki kekurangan yang ada saat fase conference,” tambahnya.

Di sisi lain, Lucky Lukman Nurhakim, pelatih Unpad, juga mengungkapkan kebanggaannya kepada tim yang sudah mendapat pencapaian tertingginya di LIMA. “Dengan hasil ini, rasa sedih, kecewa, dan senang menjadi satu Namun, kami sudah berusaha dengan maksimal dan inilah hasilnya. Saya juga merasa puas dengan permainan anak-anak pada laga final tadi. Kami tetap bangga dan mengapresiasi para pemain yang sudah berusaha. Prestasi ini untuk Unpad dan semua yang mendukung. Kami akan berusaha dengan maksimal dan memiliki tekad yang kuat di fase Nationals.”

Di sisi lain, ada juga kemenangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) atas Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan (STKIP Pasundan), dengan skor 3-0.

UPI mengawali keunggulan lewat Reda Agustiar Pansala. Ia mengalahkan tunggal pertama STKIP Pasundan, Azriel Julindratama, dengan skor 21-4, 21-7, dalam waktu 19 menit. Akbar Fauzan Pirtondi Purnomo/Rizally Wangsanata Wullur turut menyumbang poin untuk UPI. Mereka unggul lebih dulu pada set pertama dengan skor 21-13. Pada set kedua, kemenangan berada di sisi STKIP Pasundan. Ganda pertama mereka, Ari Kusuma/Moch. Luthfi Erlangga, unggul dengan skor tipis 21-19. Pada laga penentu, Akbar/Rizally kembali mengantungi kemenangan dengan skor 11-9.

Setelah unggul 2-0, Aurel Rizq Praptama/Muhammad Dzulfiqar Ramadhan/Wildan Nursyamsudin kembali mengantungi kemenangan untuk UPI. Mereka menundukkan Harum Dinar/Imanuel Agung Nugroho/Rijal Pebriadi, dengan skor 21-17, 19-21, 11-5.

“Hasil di musim ini merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada setiap musim, kami berusaha untuk melakukan evaluasi dan menampilkan yang terbaik. Daya juang, motivasi, dan semangat para pemain saya apresiasi. Pihak kampus juga mengapresiasi karena anak-anak sudah berusaha dan mengharumkan nama kampus. Mereka selalu bersemangat dan menunjukkan permainan terbaik. Prestasi ini untuk seluruh jajaran manajer dan ofisial, serta para pemain. Kami akan berlatih dan melakukan evaluasi lagi agar bisa menampilkan yang terbaik di Nationals,” kata Ahmad Saepul Azhari, pelatih UPI.

Dengan hasil ini, Unikom, Unpad, UPI akan melaju ke LIMA Badminton Nationals Season 8. Selain itu, tim yang berada di posisi keempat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan (STKIP Pasundan) juga akan berlaga di fase Nationals.

LIMA Badminton Nationals Season 8 akan diundur demi mencegah penyebaran virus Coronavirus Disease (Covid-19) bagi para seluruh pihak terkait. Informasi mengenai waktu penyelenggaraan akan diinformasikan kembali setelah menimbang imbauan otoritas-otoritas terkait, terutama pemerintah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Badminton: Blibli.com WJC Season 8