Connect with us

LIMA Futsal: Kaskus CJYC Season 7

Undip Pastikan Empat Besar

Semarang – Universitas Diponegoro (Undip) memastikan diri melaju ke semifinal LIMA Futsal: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7. Kepastian itu datang setelah mereka mengalahkan Universitas Islam Indonesia (UII) dengan skor tipis 4-3 dalam laga yang berlangsung di GOR Manunggal Jati, pada Sabtu (16/11).

Dari tiga pertandingan yang diikuti, Undip selalu mengantungi kemenangan penuh. Selain unggul pada laga ini, Undip sudah memenangi laga atas Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dengan skor 4-2 dan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM), Yogyakarta, dengan 11-0. Bagi UII, ini merupakan kekalahan pertama mereka. Sebelumnya, mereka mengalahkan UKDW dengan skor 3-2 dan STMM dengan skor 12-0.

Pada laga ini, UII mengawali keunggulan lewat gol yang dicetak oleh sang kapten, Danang Ari Darmawan. Setelah menerima bola umpan dari Randy Efan Jayaputra dan melewati pemain Undip, Muhammad Ruby Duto Pranoto, ia berhasil menceploskan bola dari sisi kiri gawang lawan. Skor menjadi 1-0 keunggulan untuk UII pada menit ketiga.

Undip berhasil menyamakan kedudukan saat sisa waktu babak pertama tinggal 15 detik. Yehezkiel Hilkia menggiring bola dan mengatasi perlawanan pemain UII, Muhammad Dwiqi Rhamadan. Gol tersebut merupakan gol ketiga yang diciptakan student athlete bernomor punggung 14 tersebut di LIMA Futsal: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7. Gol Yehezkiel tersebut sekaligus menjadi yang terakhir pada babak pertama ini.

Setelah skor imbang 1-1, UII mendapat satu gol pada babak kedua lewat gol bunuh diri yang dilakukan pemain lawan, Ferly Julesta. Berselang enam menit, Adiyaksa Rizkia Dwi Putra mencetak dua gol berturut-turut pada menit ke-30 dan 31. Gol tersebut membuat Undip unggul dengan skor 3-1. Dengan dua gol tesebut, student athlete benomor punggung 11 tersebut sudah mengantungi lima gol selama LIMA Futsal: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7.

Ananda Osa Putera turut menyumbangkan gol untuk Undip. Bola tendangannya dari sisi kiri pertahanan UII  menggetarkan jala gawang lawan. Gol tersebut membuat Undip unggul dengan skor 4-2. Berselang dua menit, UII berhasil menambah satu gol lewat Randy Efan Jayaputra. Ia mencetak gol setelah merebut umpan dari pemain lawan, Aditya Setiawan. Gol tersebut merupakan gol terakhir pada babak ini.

Afandi Dwi Putra, pelatih Undip, menyampaikan apresiasinya terhadap pencapaian yang didapat tim asuhannya. Ia mangatakan,  “Menurut saya pertandingan ini cukup seimbang. Hanya, kami lebih beruntung daripada lawan. Anak-anak selalu memperlihatkan perkembangan di setiap pertandingan sehingga bisa melaju ke semifinal. Mereka selalu bekerja keras pada kompetisi LIMA ini karena memiliki motivasi yang tinggi juga dalam bertanding di sini. Kami akan memperbaiki kedisiplinan mereka pada laga selanjutnya. Selain itu, yang terpenting adalah anak-anak selalu memberikan yang terbaik. Untuk hasil kami serahkan dengan Tuhan.”

Kemenangan Pertama UKDW pada Laga Akhir

Selain pertandingan antara Undip dan UII, ada pula pertandingan antara Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM), Yogyakarta. Pada laga ini, UKDW memenangi laga dengan skor 6-0. Akan tetapi, kemenangan tersebut belum bisa membawa mereka ke empat besar.

Sejak kick-off, UKDW langsung membuka keunggulan lewat Juan Lolo Tangdilian. Gol tersebut tercipta setelah kerja sama apiknya dengan Skay Sangle Kuddy dan Nedniel Elbryan Ayhuan. Gol tersebut merupakan gol kedua yang dicetak Juan selama kompetisi LIMA Futsal: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7.

Pada menit ke-11, Skay Sangle turut menyumbang gol untuk UKDW setelah menerima umpan dari sang kapten, Nedniel. Dengan gol ini, tim asuhan Nugroho Agung Hendranto tersebut unggul dengan skor 2-0. Gol dari student athlete bernomor punggung 27 ini sekaligus menjadi yang terakhir pada babak pertama.

Pada babak kedua, UKDW menambah empat gol. Nedniel mengawali keunggulan pada babak ini setelah menceploskan bola yang dioper Juan. Dengan gol tersebut, skor menjadi 3-0. Berselang lima menit, Geybertus Arjuna Butar-butar juga menyumbangkan gol untuk kampusnya lewat tendangan penalti.

Dua gol lagi tercipta dari gol kedua yang dihasilkan oleh Nedniel pada menit ke-31 dan Rocky Khen John Wutoy pada menit ke-33. Gol dari student athlete jurusan Arsitektur tersebut menjadi gol terakhir pada pertandingan ini. UKDW memenangi laga dengan skor 6-0.

Meski tahun ini belum bisa melaju ke babak selanjutnya, pelatih STMM, Audi Kahandi Putera, mengaku ingin menunjukkan kemampuan mereka kembali pada kompetisi LIMA Futsal tahun depan. Ia mengatakan, “Anak-anak bermain tanpa memikirkan hasil pada pertandingan terakhir ini. Namun, mereka tetap berusaha secara maksimal untuk mencapai kemenangan. Tahun ini akan menjadi pengalaman dan pelajaran untuk anak-anak dalam menghadapi kompetisi sebesar LIMA ini. Setidaknya, tahun depan STMM akan berbicara lebih pada kompetisi LIMA.”

Hasil laga ini tidak membuat perubahan pada klasemen akhir Pul B LIMA Futsal: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7. Undip menjadi juara yang mewakili grup ke babak semifinal. Lolos atau tidaknya UII yang berada di posisi kedua, tergantung pada hasil akhir semua pertandingan pada babak penyisihan. Undip akan berhadapan dengan juara Pul C pada Senin (18/11) pukul 19.15.

Datang dan saksikan semifinal LIMA Futsal: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7 secara langsung di GOR Manunggal Jati, atau livestream di official Youtube Liga Mahasiswa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Futsal: Kaskus CJYC Season 7