Connect with us

LIMA Volleyball: McDonald's EJC Season 7

UM Pertahankan Pucuk Klasemen B

Malang – Universitas Negeri Malang (UM) pertahankan posisi puncak klasemen Pul B LIMA Volleyball: McDonald’s East Java Conference Season 7. Mereka menundukkan STKIP PGRI Bangkalan dengan skor 3-0 (25-11, 25-19, 25-19) di Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) pada Selasa (17/9).

Di set pertama, UM mengawali keunggulan dengan skor 25-11. Dari 25 poin untuk UM, 18 poin berasal dari permainan mereka. Skor tertinggi diciptakan M. Zainur Rozikin dengan enam poin hasil dari tiga spike, satu fake spike, sevice ace, dan block point. Umpan terbanyak dilakukan setter UM, Bimantara Kusuma. Ia melakukan 11 kali assist.

UM semakin gencar meraih keunggulan di set kedua. Namun, STKIP PGRI Bangkalan juga melakukan perlawanan yang lebih baik. UM meningkatkan poin yang mereka ciptakan sendiri di set ini. Mereka berhasil menciptakan 20 poin berkat permainan apiknya, sedangkan lima poin lainnya berasal dari kesalahan lawan. Bimantara lebih banyak memberikan umpan di set ini dengan 14 kali assist. Set kedua ini berakhir dengan skor 25-19 untuk keunggulan UM.

UM memastikan kemenangan di set ketiga. Mereka mengantungi 18 poin dari 25 poin yang didapatkan. Di set ini, pemain yang paling banyak mencetak poin adalah Adi Cahya Fenda Pramudya. Ia menyumbang enam poin lewat spike. Kali ini, yang paling banyak memberikan umpan adalah Dimas Argo Yulianda. Ia melakukan 11 kali assist di set ini. Skor 25-19 mengakhiri set ketiga ini.

Meski harus mengalami kekalahan, STKIP PGRI Bangkalan sudah menunjukkan usaha maksimalnya. Mereka juga sempat mengungguli UM beberapa kali di set terakhir. Total poin yang sudah dihasilkan tim Bangkalan tersebut sebanyak 27 poin dari total 49 poin yang dihasilkan.

“Set pertama dan kedua pertandingan ini merupakan permainan terbaik anak-anak. Di set ketiga, mereka sempat lengah karena kelelahan. Oleh karena itu, saya merotasi para pemain. Hari ini para pemain mengalami peningkatan pada teknik block point. Masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi dari dua pertandingan untuk laga selanjutnya. Namun, saat ini kami hanya fokus untuk menjaga kondisi fisik,” ungkap Stefanus Freedy Dwi C., pelatih UM.

Di sisi lain, pelatih STKIP PGRI Bangkalan, Ahmad Faishal, berkata, “Mental para pemain seperti sudah jatuh saat melihat pertandingan UM sebelumnya. Mental  yang sudah kurang baik membuat permainan mereka tidak maksimal. Di set ketiga, saya mengubah posisi sehingga sempat mengatasi UM, meskipun pada akhirnya kami kalah. Kompetisi LIMA ini merupakan awal untuk para pemain agar menjadi lebih baik lagi. Meski sudah mengalami dua kali kekalahan, kami akan tetap fokus untuk bermain dan tidak boleh kalah sebelum bertanding, siapa pun musuhnya.”

Dengan hasil ini UM masih menempati puncak klasemen Pul B. Mereka akan bertanding Universitas Brawijaya (UB).  STKIP PGRI Bangkalan yang turun ke dasar klasemen akan melakoni laga di babak penyisihan terakhir melawan Universitas Islam Malang (Unisma). Kedua laga tersebut akan berlangsung pada Rabu (18/9).

Datang dan saksikan LIMA Volleyball: McDonald’s East Java Conference Season 7 secara langsung di Sport Center UIN Maliki. Atau, streaming melalui official Youtube Liga Mahasiswa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Volleyball: McDonald's EJC Season 7