Connect with us

LIMA Badminton: Yuzu Isotonic CJYC Season 8

UII Kembali Tantang USM di Final

Regu putra Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta berhasil memastikan diri berlaga di partai final usai menang di partai semifinal atas juara musim lalu, Universitas Negeri Semarang (Unnes). Laga yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga Prof. Sudarto, S.H., Universitas Semarang (USM), Sabtu (14/3), tersebut, berhasil dimenangi oleh UII dengan skor 3-1. Sebelumnya, UII kalah dari USM dengan skor 1-4 pada pertandingan di Pul A. Dengan hasil tersebut, UII akan kembali menantang tuan rumah, USM, setelah pertemuan pertama di Pul A.

Unnes membuka pertandingan dengan kemenangan di nomor pertama. Juara perseorangan tunggal putra, Syaherdian Juniarto mampu memenangi pertandingan atas tunggal pertama UII, Muhammad Fauzan Al Farisi. Student athlete jurusan Pendidikan Jasmani Rekreasi Olahraga tersebut menang dua set langsung, yakni 21-10 dan 21-8.

UII berusaha untuk menyamakan kedudukan di nomor kedua. Namun, ganda pertama Unnes, Ade Ryan/Akmal Farabi, mampu memenangi set pertama dengan skor 21-18. Pada set kedua, Deffry Dinatta/Rafi Evan Adi dari UII bisa memenangi pertandingan dengan angka kemenangan 21-17. Pemenang pada nomor ini ditentukan di rubber game. Wakil UII berhasil memenangi set ketiga, 11-8.

Aksi saling kerja skor kembali terjadi di nomor ketiga. Tripel UII, Bayu Aji/Yahya Adi/Irfan Setya, berhasil memenangi set pertama dengan angka kemenagan 23-21 atas Dipa Samunggolo/Surya Adi/Muhammad Fauzi. Kombinasi Bayu/Yahya/Irfan memastikan kemenangan UII di nomor tripel setelah menang dengan skor 21-15.

Pemenang ditentukan di nomor tunggal kedua. Rafi Evan Adi dari UII menang di set pertama dengan skor 21-15 atas tunggal kedua Unnes, M. Daffa Nugraha. Unnes bisa menyamakan kedudukan setelah memenangi set kedua dengan skor 21-13. Pertandingan dilanjutkan lewat rubber game. Rafi Evan Adi berhasil menjadi pemenang di nomor tunggal kedua lewat rubber set dengan skor 11-5.

Pelatih UII, Susanto, sangat senang dengan hasil pertandingan semifinal hari ini. “Alhamdulillah kami berhasil melaju ke partai final di musim ini. Para pemain telah berjuang dan memberikan sepenuhnya di lapangan. Saya berharap para pemain dapat menjaga kondisi fisik mereka untuk menghadapi tuan rumah, USM, di partai final. Sebagai pelatih, saya sangat bersyukur regu putra UII mampu bertanding di final LIMA Badminton CJYC musim ini. Saya mempersembahkan kemenangan ini kepada para pemain dan kampus UII,” ujarnya.

Di sisi lain, manajer Unnes, Anjas Eko Wibowo, kecewa dengan performa para pemain di pertandingan hari ini. “Hasil ini jauh dari ekspektasi saya. Masalah terbesar kami kembali terjadi di semifinal ini, yakni mental para pemain di lapangan. Mental para pemain jatuh sehingga mereka bermain dengan perasaan takut dan monoton. Saya mengaku kecewa dengan penampilan para pemain di pertandingan hari ini,” ucapnya.

“Untuk pertandingan selanjutnya memperebutkan peringkat ketiga, saya akan melakukan evaluasi secara besar-besaran, terutama di mental para pemain. Saya akan tetap berusaha untuk membangun kepercayaan diri mereka di lapangan agar mereka mampu menampilkan performa terbaik mereka. Kami akan bermain maksimal melawan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto demi nama baik kampus Unnes,” tambahnya.

Dengan hasil ini, UII akan kembali menantang USM di partai puncak setelah sebelumnya bertemu di Pul A. Unnes akan memperebutkan peringkat ketiga melawan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Datang dan saksikan pertandingan final dan perebutan peringkat ketiga LIMA Badminton: Yuzu Isotonic Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 8 secara langsung di Gelanggang Olahraga Prof. Sudarto, S.H., Universitas Semarang (USM), atau livestream lewat kanal Youtube Liga Mahasiswa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Badminton: Yuzu Isotonic CJYC Season 8