Connect with us

LIMA Basketball Nationals Season 7

UEU Naik ke Puncak Pul Masa

Jakarta – Universitas Esa Unggul (UEU) Jakarta selangkah lagi memastikan diri menjadi juara Pul Masa LIMA Basketball Nationals 2019 setelah mencetak kemenangan kedua mereka pada Kamis (8/8). Dalam laga di Gelanggang Remaja Jakarta Timur, UEU menang 74-58 atas Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Kedalaman tim menjadi senjata utama UEU di laga ini.

Sebelum laga hari keempat ini, kedua tim telah mencatat kemenangan dari laga pertama mereka. UEU menang atas Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), sementara Unpad mengalahkan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Kemenangan di laga ini akan membawa pencatatnya ke puncak klasemen dan berpeluang besar lolos ke semifinal sebagai juara grup.

UEU tancap gas di kuarter pembuka. Tim runner-up LIMA Basketball Nationals musim lalu tersebut memimpin 28-5 di akhir kuerter pertama. Unpad membaik di kuarter kedua. UEU masih unggul, tapi tak selebar kuarter pembuka. Setelah skor 49-32 saat halftime, kuarter ketiga ditutup di kedudukan 63-43.

Unpad tampil agresif di kuarter keempat. Pada tiga menit terakhir, ketertinggalan Unpad tinggal 11 poin di kedudukan 56-67. Akan tetapi, UEU bisa menahan laju wakil Jawa Barat tersebut untuk menang 74-58.

Student-athlete UEU, Arion Tio Pandapotan, mencetak 17 poin. Student-athlete Unpad, Ibnu Imannul Karim, mengukir dobel-dobel, 19 poin dan 10 rebound, kedunya terbanyak di laga ini. Hans Eka Wijaya dari UEU menghasilkan assist terbanyak dengan tujuh assist.

Secara keseluruhan, Unpad bisa mengimbangi UEU dalam banyak aspek permainan. Padjadjaran bahkan unggul 14-11 untuk second chance point dan 16-6 dalam fast break point. UEU praktis memanfaatkan kedalaman timnya untuk mengambil gim ini. Wakil Jakarta Raya ini unggul 34-12 dalam poin pemain cadangan.

Kemenangan ini membawa UEU memuncaki klasemen Pul Masa. Meski kalah, Unpad bisa bertengger di peringkat kedua klasemen menggeser Unair. Baik Unpad maupun Unair telah sekali menang dan sekali kalah. Namun, Unpad memiliki selisih poin yang lebih baik daripada Unair. Unpad dan Unair akan mencoba mengais kans lolos ke semifinal sebagai runner-up terbaik.

Unpad berkesempatan memantapkan diri di peringkat kedua klasemen akhir setelah melakoni laga terakhir mereka di Pul Masa ini menghadapi UAJY pada Jumat (9/8). Sehari kemudian, UEU berpeluang memastikan diri sebagai juara grup saat menghadapi Unair.

Meski memenangi pertandingan, asisten pelatih UEU, Prasetyo, masih merasa permainan timnya kurang maksimal, “Sebenarnya kami masih belum puas dengan permainan tim kami. Para pemain belum mampu menjalankan instruksi dengan baik di kuarter kedua dan keempat. Namun, usaha mereka sudah baik. Di pertandingan selanjutnya, kami akan membuat para pemain lebih siap untuk bertanding,” ujar Prasetyo, asisten pelatih UEU.

Sementara itu, Dindin Saripudin selaku pelatih Unpad tetap mengapresiasi usaha para pemainnya di laga ini. Ia mengatakan, “Kami kalah start. Sudah terlalu jauh untuk mengejar di kuarter kedua dan seterusnya karena di kuarter pertama kami belum siap. Namun, saya tetap bangga dengan para pemain karena sudah bekerja keras. Kami akan berusaha semaksimal mungkin di pertandingan selanjutnya, tetapi tetap harus menikmati permainan.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Basketball Nationals Season 7