Connect with us

Futsal

Trio Kampus Ibu Kota Berjaya

STIE BP mengakhiri perlawanan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di GOR STTD, Bekasi, Minggu (9/12).

Tiga tim futsal putra dari Jakarta mengemas kemenangan untuk memperlebar peluang ke semifinal LIMA Futsal Nationals 2018. Juara bertahan dan calon kejutan adalah dua di antaranya.

STIE Bhakti Pembangunan (STIE BP) memulai upaya mempertahankan gelar di LIMA Futsal Nationals dengan angka penuh yang tergolong berat. Dalam laga Pul Depan ini, STIE BP mengakhiri perlawanan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Minggu (9/12) di GOR STTD, Bekasi.

Derbi Jakarta ini merupakan laga pertama kedua kubu wakil Jakarta Raya di LIMA Futsal Nationals season 6 ini. Kedua tim tak bertemu di LIMA Futsal Greater Jakarta Conference lalu. Di GJC lalu, UNJ finis sebagai runner-up. STIE BP peringkat ketiga Jakarta Raya.

UNJ asuhan Aryono Fajar Harianto merepotkan STIE BP hampir di sepanjang duel. Namun, STIE BP yang ditangani Eka Sanjaya bisa mengedepankan keunggulan tipis dalam penyelesaian akhir di Nationals ini.

STIE BP membuka skor di menit ke-12. Muhammad Zakaria Lansor (17) menyelesaikan bangunan serangan timnya yang berlanjut kepada assist Andri Ansyah (19) untuk dirinya.

Sang juara bertahan yang berkostum biru di partai ini menggandakan keunggulan di menit ke-22 via Faqri Marwa (18). Diawali aksi Zakaria (17) menyerobot bola hasil operan buruk pemain UNJ di daerahnya sebelum mengirimkan sodoran matang untuk Faqri di sayap kiri yang segera menuntaskannya dengan gol tembakan kaki kanan.

Kemenangan 2-0 menjadi awal baik STIE BP yang gagal mempertahankan gelar di  GJC.

Laga STIE BP selanjutnya adalah meladeni tim yang juga telah membukukan kemenangan di laga pertamanya, Univ. Brawijaya (UB), pada Selasa (11/12). UNJ melawan Univ. Negeri Yogyakarta (UNY) di hari yang sama.

UIN Jakarta Selangkah Lagi

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tinggal selangkah lagi ke keberhasilan melaju ke semifinal LIMA Futsal Nationals 2018. Tim yang hanya lolos sebagai peringkat keempat LIMA Futsal Greater Jakarta Conference ini menundukkan Universitas Tunas Pembangunan (UTP) dalam lanjutan persaingan di Pul Awal pada Minggu (9/12).

UIN Jakarta membuat kejutan dengan kemenangan atas juara Jakarta Raya, Univ. Budi Luhur, di laga pertama. UTP juga menghasilkan kemenangan di partai pertama mereka atas Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri). Langkah pemenang duel di GOR STTD, Bekasi, ini ke semifinal bakal lebih ringan.

UIN Jakarta racikan Syaifullah Nur segera memperlihatkan kesiapan yang lebih baik di bagian awal pertandingan ini. Di menit keenam, Fahmi Hakim (12) menjaringkan bola dari sudut sempit di kanan pertahanan UTP setelah bekerja sama dengan Haviz Zein Fitri (3).

UTP besutan Agus Cahyono mencoba membalas, tapi selalu terganjal pertahanan tangguh UIN Jakarta yang turun dengan kostum jingga itu. Gol Fahmi itu menjadi gol semata wayang di laga ini.

“Alhamdulillah kami berhasil meraih kemenangan kedua berkat kerja sama tim. Kami telah meraih enam poin, tapi tetap kami akan berusaha memenani pertandingan terakhir untuk lebih yakin lagi 100 persen lolos ke final four. Kami memang fokus di Nationals ini. Walau di fase conference kami hanya di peringkat keempat, tapi saya selalu memotivasi pemain supaya bertarung lebih keras lagi. Alhamdulillah ini hasilnya. Semua itu bisa tercapai. Kami akan lebih fokus memperbaiki serangan balik di gim selanjutnya,” ucap Syaifullah Nur. Pelatih UIN Jakarta itu menyatakan bahwa seluruh pemainnya siap tampil di fase selanjutnya.

Di laga terakhirnya di Pul Awal, UIN Jakarta akan menghadapi Polsri pada Rabu (12/12). UTP, juara CJYC, akan menghadapi UBL sehari kemudian untuk menggali peluang tersisa.

Jawara Buka Peluang

Beberapa saat kemudian masih di Pul Awal, Universitas Budi Luhur (UBL) membuka kembali peluang lolos ke empat besar LIMA Futsal Nationals 2018 setelah mendulang angka penuh. Pada Minggu (9/12), juara LIMA Futsal Jakarta Raya itu mengakhiri perlawanan juara Sumatra, Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri).

Sebelum duel ini, kedua tim sama-sama mengalami kekalahan di laga pertama. UBL menyajikan keunggulan mereka untuk bangkit dari kekalahan itu.

UBL besutan Arief Nurrahmadan unggul empat gol tanpa kebobolan di babak pertama. Polsri yang dilatih Tomy bisa mencetak dua gol di paruh kedua laga di di GOR STTD, Bekasi, ini, tapi UBL juga masih bisa menambah dua gol lagi.

Putra Fahredja Achmad (9) menorehkan dua dari setengah lusin gol UBL, masing-masing di menit kelima (gol pembuka) dan 18. Empat gol UBL lainnya dihasilkan Rama Adithia (24) di  menit kedelapan, Nurul Fajri (26) menit ke-12, Mohammad Eky Andrean (4) di menit ke-26, dan Rakha Athallah (97) tiga menit sebelum bubaran. Dua gol Polsri disumbangkan Yuyu Muhammad Akhiruddin (12) di menit ke-37 dan Kms. Fahmi (10) semenit sebelum akhir laga.

Di laga terakhirnya di Pul Awal, Polsri akan menghadapi UIN Jakarta pada Rabu (12/12). UBL akan menghadapi Univ. Tunas Pembangunan (UTP) sehari kemudian.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Futsal