Connect with us

I am a Student Athlete

Tips Menjaga Tubuh di Kala Pandemi dari Hanif

Penanggulangan pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia masih belum menemukan titik terang. Peningkatan angka penderita Covid-19 di negeri ini terus meningkat. Dengan peningkatan angka penderita yang semakin tinggi, pemerintah meminta seluruh masyarakatnya agar tetap berada di dalam rumah selama pandemi ini.

Tetap di rumah menjadi sebuah momentum bagi masyarakat untuk bisa menikmati segala macam yang ia senangi agar tidak stres. Di sisi lain, hal-hal menyenangkan dapat menjadikan tubuh tidak sehat. Namun, student athlete dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang bermain di LIMA Basketball Season 7, Hanif Amir Kelib, punya tips untuk menjaga tubuh di kala pandemi. Berikut ini adalah tiga kiat menjaga tubuh di kala pandemi menurut Hanif Amir Kelib.

  1. Jaga pola makan

Pemain yang kerap dipanggil Hanif ini mengatakan bahwa pola makan banyak masyarakat berubah ketika mereka melakukan seluruh kegiatannya di dalam rumah pada saat pandemi ini. Pola makan yang tidak teratur tersebut menyebabkan kenaikan berat badan. Hal tersebut mengakibatkan tubuh menjadi sulit untuk bergerak dan melakukan banyak aktivitas.

“Menjaga pola makan sangatlah penting di kala pandemi ini karena seluruh waktu kita dihabiskan di dalam rumah. Oleh karena itu, ada kalanya kita menjaga pola makan kita agar berat badan tetap terjaga. Kurangi makanan yang mengandung gula seperti nasi dan makanan ringan lainnya, serta perbanyak makan sayur,” ucapnya.

  1. Terapkan pola tidur yang baik untuk tubuh

Bagi sebagian orang, pandemi ini merusak jam tidur mereka. Hanif mengatakan bahwa kurang tidur dan begadang menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan karena badan kita tidak bisa bekerja secara maksimal jika tubuh kita kurang istirahat.

Student athlete yang mengambil jurusan Arsitektur tersebut juga mengatakan, “Pola tidur yang cukup akan membuat badan kita menjadi lebih segar. Jika tubuh kurang beristirahat, maka hal tersebut akan memengaruhi seluruh aspek kesehatan yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya jam tidur yang cukup, bangun pagi menjadi salah satu cara agar badan kita menjadi lebih sehat karena udara pagi sangat bagus bagi kita.”

  1. Usahakan tetap berolahraga meskipun di dalam rumah

Kedua hal yang telah dijelaskan di atas akan semakin sempurna jika kita tetap membakar kalori yang berada di dalam tubuh kita dengan berolahrga. Namun, pandemi ini memaksa kita agar tetap berolahraga di dalam rumah.

Hanif mengatakan bahwa olahraga tidak harus selalu dilakukan di luar rumah ataupun di gym. Olahraga juga bisa dilakukan di dalam rumah dan tidak membutuhkan alat-alat serta tempat yang luas untuk melakukannya.

“Usahakan agar kita tetap berolahraga meski di dalam rumah. Kita bisa melakukan sit up, push up, back up, pull up, jogging, dan skipping jika ada alatnya. Olahraga sangat dibutuhkan agar tetap menjaga tubuh tetap fit dan prima untuk beraktivitas di kala pandemi ini,” katanya.

“Bagi sebagian orang, pandemi Covid-19 yang melanda negeri kita ini menyusahkan mereka. Akan tetapi, buat saya, tidak semuanya buruk. Menurut saya, pandemi ini mengubah kehidupan saya menjadi lebih baik. Saya dapat mengubah pola tidur, pola makan, dan mempunyai lebih banyak waktu dengan orang tua saya,” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in I am a Student Athlete