Connect with us

The Alumni

The Alumni: Tia Darti, dari LIMA Hingga Lolos Piala Asia 2022

Salah satu alumni LIMA Futsal yang masih bersinar adalah Tia Darti Septiawati. Tia merupakan alumni LIMA Futsal Putri tahun 2014 hingga 2015. Tia merupakan student athlete dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Pemain yang berasal dari Sumedang ini sangat gemilang saat bermain di LIMA Futsal Putri, Tia berhasil menorehkan gelar juara LIMA Futsal Nationals Putri pada 2014 hingga 2015. Bahkan, Tia juga menjadi pemain terbaik pada 2014, pada 2015 Tia juga berhasil kembali menjadi pemain terbaik sekaligus top skor.

Menurut Tia, bermain di ajang LIMA Futsal merupakan kebanggaan tersendiri, karena untuk mengikuti ajang LIMA sendiri harus memiliki standar IPK yang sudah ditentukan. Tandanya, bagaimana perjuangan megikuti ajang LIMA itu bukan hanya kesiapan fisik, melainkan akademik juga harus diperhatikan.

Tia juga berpesan kepada adik tingkatnya yang masih kuliah di UPI dan ingin mengejar impiannya harus fokus dan selalu diiringi dengan kerja keras.

“Untuk junior di UPI, ketika kalian sudah memilih jalan untuk futsal, tetap fokus dengan tujuan dan harus diiringi juga dengan usaha serta kerja keras. Tetap semangat,” pesan Tia.

Bukan hanya futsal, Tia Darti juga menekuni sepakbola. Tia yang bermain sebagai bek di sepakbola, tergabung dalam Persib Bandung Putri. Lagi-lagi tim yang Tia bela mengantar Persib juara Liga 1 2019. Belum lama, Tia Darti turut memperkuat timnas putri Indonesia dalam Kualifikasi Piala Asia Wanita 2022 yang digelar di Tajikistan sejak 24 September lalu.

Dalam dua laga Grup C Kualifikasi Piala Asia Wanita 2022 kontra Singapura, Tia Darti selalu tampil sejak menit awal. Pemain asal Sumedang ini membantu Garuda Pertiwi meraih kemenangan dalam dua leg laga kontra Singapura dengan agregat 2-0.

Pemain yang pernah memperkuat Persib Putri ini sudah membela Garuda Pertiwi sejak 2013. Tia mengaku senang masih bisa diberi kesempatan untuk memperkuat tanah air dan bersaing dengan para pemain muda. Bek lulusan Universitas Pendidikan Indonesia ini pun mengatakan bahwa dirinya bahagia melihat regenerasi timnas putri Indonesia berjalan baik dengan kehadiran pemain-pemain muda.

“Tentunya senang bisa bersaing dengan anak-anak muda sekarang yang potensinya sangat bagus dan punya semangat tinggi. Ini makin memotivasi saya untuk menjadi sangat lebih baik lagi dan bermain sangat baik,” ujar Tia

Menurut Tia, regenerasi yang ada pada timnas putri Indonesia juga sudah berjalan cukup baik, banyak pemain muda yang berkembang dengan cepat. Tia juga berharap semoga ke depannya timnas putri Indonesia makin berkembang dan makin maju serta menemukan pemain-pemain muda yang kompeten.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in The Alumni