Connect with us

The Alumni

Subhan: LIMA Awal Karier di Timnas

Suasana bertanding di LIMA menjadi hal yang paling dirindukan oleh Muhammad Subhan Faidasa. Selain itu, bertanding di kompetisi LIMA pada musim ketiga juga menjadi awal karier bagi alumnus futsal dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas (STIE Ekuitas) tersebut ke tim nasional Indonesia, hingga saat ini.

Subhan mengaku bahwa bertanding di LIMA merupakan pengalaman yang luar biasa baginya karena kompetisi LIMA seperti liga profesional. Top scorer LIMA Futsal Nationals Season 3 tersebut juga mengungkapkan bagaimana peran LIMA terhadap pencapaiannya saat ini. Subhan berkata, “Tidak bisa dimungkiri bahwa apa yang bisa saya capai hingga saat ini adalah dari Liga Mahasiswa.”

“Saat itu pelatih PON Jawa Barat bilang kalau saya bisa menjadi top scorer di LIMA, dia akan membawa saya ke tim PON Jawa Barat,” tambahnya.

Ia bersyukur bisa menjadi top scorer di LIMA sehingga bisa bergabung bersama tim Jawa Barat dan bertanding sehingga kemudian mendapat medali emasi PON XIX 2016. Setelah itu, kariernya semakin meningkat. Ia masuk ke klub dan menunjukkan permainan yang apik juga sehingga Subhan dilirik oleh pelatih timnas. Proses itulah yang ia jalani hingga bisa masuk timnas sampai saat ini. Selain itu, ia merupakan pencetak gol pertama di SEA Games 2017 saat Indonesia berhadapan dengan Thailand.

Dari seorang student athlete, kini Subhan sudah menjadi atlet profesional. Ia mengaku bahwa kuncinya adalah kerja keras. “Kalau mau menjadi atlet futsal, fokus, jangan menyerah dan setengah-setengah karena hasil tidak akan mengkhianati usaha. Kita memang harus kerja keras lebih dari orang lain, ” kata Subhan.

Meski sudah menjadi atlet profesional, Subhan mengakui bahwa pendidikan juga penting. Ia mengatakan, “Olahraga mungkin pekerjaan atau hobi yang dibayar, tetapi akademik juga tidak bisa dilupakan karena pendidikan akan berguna sampai kapan pun.”

Atlet yang saat ini sedang fokus di timnas dan klubnya, Bintang Surabaya, ini juga berharap LIMA bisa menghasilkan atlet-atlet yang nantinya akan menjadi kebanggaan nasional.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in The Alumni