Connect with us

TIPS

Soft Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Latihlah Mulai Sekarang!

Dalam dunia kerja, selain hard skill, kalian juga membutuhkan soft skill yang baik untuk menunjang hard skill yang dimiliki, bahkan ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa soft skill lebih banyak direalisasikan saat kalian bekerja. Apa bedanya hard skill dan soft skill?

Hard skill adalah kemampuan yang bisa dipelajari atau kemampuan spesifik seseorang untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Contoh hard skill adalah kemampuan desain, menulis, programming, menerjemahkan bahasa asing, dan lain-lain. Hard skill bisa diperoleh lewat edukasi formal seperti sekolah, perkuliahan, dan sebagainya.

Soft skill adalah keterampilan seseorang yang abstrak dan tidak bisa dipelajari lewat pendidikan formal. Soft skill bisa dilatih dengan berbagai cara, seperti aktif mengikuti organisasi, berani berbicara di depan umum, rajin mengikuti seminar dan workshop, dan sebagainya. Berikut 10 soft skill yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

  1. Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi akan membuat seseorang menyampaikan informasi, membangun relasi, mempromosikan sesuatu, dan meningkatkan kepercayaan orang lain dengan baik. Soft skill ini juga sangat dibutuhkan dalam dunia kerja karena komunikasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang.

Jika kalian belum bisa berkomunikasi dengan baik, maka mulailah belajar dengan cara berbicara sendiri atau curhat kepada diri sendiri dan merekamnya agar setelah itu kalian bisa tahu apa yang kurang dari cara berkomunikasi kalian. Cara lain dari belajar berkomunikasi adalah cobalah untuk sering berdiskusi dengan orang lain agar kamu terbiasa berinteraksi dengan orang.

  1. Berpikir Kritis

Saat ini sudah banyak pekerjaan yang akan menuntut kalian untuk berpikir kritis. Berpikir kritis diperlukan dalam bekerja karena nanti akan ada kondisi di mana kalian harus mengambil keputusan, menganalisis ide atau gagasan, dan lain-lain. Jika terbiasa berpikir kritis, kalian akan lebih fleksibel dalam menerima pendapat dan tidak mudah ditipu oleh orang lain. Kalian juga jadi bisa mandiri karena tidak akan bergantung kepada orang lain dalam mengambil keputusan.

Berpikir kritis bisa dilatih dengan cara berdiskusi bersama teman orang lain dan sampaikan pendapat yang menurut kalian benar tentang suatu masalah. Namun, kalian juga harus memvalidasi fakta yang akan kalian sampaikan agar pendapat kalian bisa dipertanggungjawabkan. Kalian juga bisa melatih soft skill ini dengan sering bertanya kepada orang lain. Semakin sering kalian bertanya, semakin banyak informasi yang kalian dapatkan dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam berpikir. Mulailah belajar menganalisa masalah dengan cepat dan tepat.

  1. Kreatif dan Inovatif

Orang yang kreatif biasanya mampu berpikir berbeda dari orang lain, lebih terbuka terhadap ide-ide baru dan berani mengambil risiko. Kreativitas juga bisa membantu kalian untuk mencari pemecahan masalah dengan baik. Berpikir kreatif juga biasanya akan memunculkan ide-ide baru untuk perusahaan.

Kalian bisa melatih soft skill ini dengan cara berlatih, contohnya seperti belajar membuat konsep atau ide yang berasal dari lingkungan sekitar. Kalian bisa menyampaikan ide tersebut kepada teman kalian dan berdiskusi tentang hal itu sehingga pemikiran atau ide tersebut akan semakin berkembang. Kalian juga bisa mencoba hal-hal baru agar terbiasa untuk mengasah otak dan membuat pola berpikir kalian berbeda dari orang lain.

  1. Kecerdasan Emosional

Dalam dunia kerja, perusahaan tidak hanya membutuhkan orang yang memiliki kecerdasan intelektual, tapi kecerdasan emosional juga dibutuhkan di setiap posisi pekerjaan. Oleh karena itu, selain melakukan tes kemampuan dan wawancara, biasanya perusahaan akan melakukan tes psikotes dengan tujuan untuk mengetahui seberapa stabil emosi yang dimiliki oleh para pelamar. Kemampuan mengendalikan emosi akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan agar seseorang bisa tetap fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya, meski memiliki masalah yang dihadapi.

Kecerdasan emosional bisa dilatih dengan cara mengenali diri sendiri telebih dahulu. Kalian harus tahu bagaimana perasaan atau emosi yang dirasakan agar bisa mengelola emosi kalian dengan baik. Mulailah belajar mengekspresikan dan mengontrol emosi kalian kepada orang lain. Kalian juga harus tahu bagaimana perasaan atau emosi orang lain agar dapat mengetahui bagaimana cara menghadapi orang tersebut. Namun, jangan merasa diri kalian paling benar. Cobalah untuk introspeksi dan membuka pikiran agar bisa mengelola emosi kalian dengan efektif.

  1. Kemampuan Beradaptasi

Adaptasi merupakan soft skill yang penting dan harus kalian miliki karena begitu masuk dunia kerja, berarti kalian sedang keluar dari zona nyaman kalian di sekolah atau perkuliahan. Kalian harus bisa menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan tempat kalian bekerja. Soft skill ini akan membantu kalian melewati lika-liku yang ada di dunia kerja.

Cara melatih kemampuan beradaptasi sebenarnya cukup mudah. Jika kalian introvert, mulailah untuk berani berbicara dengan orang lain atau orang yang baru kalian kenal, meski hanya sekadar basa-basi. Kalian juga bisa mulai mengikuti berbagai organisasi, baik di kampus atau di luar kampus, agar kalian terbiasa berinteraksi dengan orang baru dan menyesuaikan diri di lingkungan yang baru.

  1. Kepemimpinan

Mungkin soft skill ini cukup sulit dilakukan karena tidak semua orang berani menjadi pemimpin. Namun, kepemimpinan ini harus kalian latih jika ingin membuat karier kalian bisa ke jenjang yang lebih tinggi.

Kepemimpinan bisa dilatih mulai dari hal-hal atau organisasi kecil. Kalian harus belajar berani dan memiliki tanggung jawab yang tinggi terlebih dahulu. Mulailah berani dan belajar untuk menjadi ketua kelas, lalu ketua osis, dan sebagainya. Selagi ada kesempatan untuk menjadi pemimpin, ambilah tantangan tersebut.

  1. Public Speaking

Public speaking juga merupakan soft skill yang sulit untuk dilakukan. Bagi sebagian orang, hal ini sulit dilakukan karena kemampuan komunikasi yang kurang bagus dan merasa tidak bisa berbicara di depan banyak orang.

Terkadang ada yang bilang bahwa mereka tahu apa yang ingin disampaikan, tapi bingung bagaimana cara menyampaikannya. Maka, mulailah untuk membenahi komunikasi kalian dan belajar berbicara atau hanya sekadar menyampaikan pendapat di depan banyak orang. Awalnya memang sulit dilakukan, tetapi kalian akan terbiasa jika dilakukan terus-menerus. Kalian juga bisa mulai berlatih public speaking dari hal kecil seperti melakukan presentasi tugas di depan kelas, hingga berdiskusi tentang mata kuliah atau pelajaran.

  1. Pemecahan Masalah

Setiap pekerjaan atau sesuatu yang kalian lakukan, pasti akan selalu ada masalah yang harus dihadapi. Namun, tidak semua orang bisa menganalisis akar permasalahannya dan mencari solusi. Orang yang memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah sangat dibutuhkan perusahaan karena artinya ia merupakan orang yang bertanggung jawab dan kreatif dalam mencari solusi.

Untuk memiliki soft skill memecahkan masalah, kalian harus terus berpikir positif agar bisa mengidentifikasi masalah dengan baik dan mencari solusinya. Mulailah untuk memecahkan masalah kecil yang terjadi di hidup kalian hingga tuntas. Jangan meninggalkan atau mencoba kabur dari masalah yang sedang dihadapi.

  1. Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan sesuatu yang penting dalam dunia kerja. Jika kalian bisa memanajemen waktu dengan baik, artinya kalian merupakan orang yang disiplin, profesional, dan menghargai waktu.

Cara untuk melatih soft skill ini adalah cobalah untuk membuat jadwal untuk kegiatan sehari-hari kalian dan pastikan kegiatan kalian sesuai dengan jadwal tersebut. Selain itu, cobalah untuk menjadi orang yang tepat waktu dan menyelesaikan sebelum tenggat waktu. Orang yang datang terlambat dan merampungkan tugasnya lewat dari deadline merupakan salah satu ciri orang yang tidak memiliki manajemen waktu yang baik.

  1. Kerja Sama dan Kolaboratif

Saat kalian terjun ke dunia kerja, kalian pasti akan bekerja sama dengan orang lain. Pastikan diri kalian bisa bekerja sama dan berkolaborasi dengan orang lain. Jangan merasa kalian mampu bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain. Kemampuan bekerja sama dan berkolaborasi dengan tim atau rekan kerja dibutuhkan oleh perusahaan agar suatu pekerjaan yang dikerjakan dalam tim tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Itulah 10 soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Jika kalian belum pernah terjun ke dunia kerja, cobalah untuk melatih soft skill kalian dulu, ya, agar kalian bisa semakin percaya diri ketika melamar pekerjaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TIPS