Connect with us

News

SNMPTN 2021 Resmi Dibuka, Berikut Cara Mendaftarnya

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 resmi dibuka pada hari Senin (15/2/2021). Pendaftaran ini merupakan tahapan yang ditunggu-tunggu seluruh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk mendapatkan satu kursi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mereka inginkan.

Pendaftaran SNMPTN dimulai pukul 15.00 WIB.

Seperti yang dilansir oleh Kompas.com, terdapat tujuh tahapan yang harus dilakukan siswa ketika mendaftar SNMPTN 2021. Berikut rinciannya:

  1. Masuk atau log-in di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) atau https://snmptn.ltmpt.ac.id dengan menggunakan alamat e-mail dan password yang kalian daftarkan
  2. Setelah itu, kalian isi kelengkapan data orang tua pada halaman profil
  3. Kalian bisa mendaftarkan pendaftaran SNMPTN 2021 dengan mengisikan pilihan program studi (prodi) pilihan kalian yang dipilih pada halaman pilihan
  4. Lalu kalian isikan portofolio pada halaman portofolio jika prodi yang kalian pilih mengharuskan kalian untuk mengisi halaman portofolio. Namun, jika prodi yang kalian pilih tidak mengharuskan atau mensyaratkan adanya dokumen portofolio, kalian tidak perlu mengisi halaman ini.
  5. Kalian yang memiliki prestasi bisa mengisikan rincian prestasi kalian di halaman prestasi. Akan tetapi, mengisi halaman prestasi tidaklah wajib.
  6. Jika kalian merasa sudah benar dan jujur dalam mengisi rangkaian data, kalian bisa melakukan finalisasi di halaman finalisasi. Tetapi ingat, data yang telah kalian isi tidak akan bisa diubah ataupun dibatalkan dengan alasan apapun. Jadi berhati-hati dan telitilah dalam mengisi.
  7. Terakhir adalah kalian dapat mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Dalam lama resmi LTMPT, terdapat 86 PTN yang bisa kalian pilih. PTN tersebut tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Pilihlah sesuai dengan apa yang kalian impikan dan inginkan.

Pengumumannya kapan ya? Nah kalian bisa cek pengumumannya di https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id pada tanggal 22 Maret 2021. Jadi, semangat, teruslah berusaha, dan tentunya berdoa yah!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News