Connect with us

LIMA Esports

Sisi Positif Esports

Olahraga daring (esports) saat ini sedang ramai diperbincangkan hampir di seluruh kalangan, terutama anak-anak muda. Permainan daring (game online) ini dahulu dipandang negatif oleh banyak orang karena dianggap tidak bermanfaat. Akan tetapi, saat ini esports adalah sesuatu yang memiliki dampak positif dan pernyataan tersebut didukung oleh Wakil Rektor III Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), Ahmad Zamheri, S.T., M.T.

Menurut Ahmad Zamheri, esports adalah sebuah kegiatan yang mengombinasikan antara otak, mata, dan telinga. Dengan kombinasi ketiga anggota badan tersebut, kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

“Esports adalah sebuah kegiatan yang menghubungkan kerja otak, penglihatan, dan telinga. Terlatihnya ketiga anggota tubuh tersebut tentu akan menunjang tubuh kita agar lebih sehat. Oleh karena itu, kami mendukung LIMA untuk menyelenggarakan turnamen esports ini,” ujar Ahmad.

Ahmad Zamheri juga mengatakan bahwa turnamen esports adalah opsi yang terbaik dan paling positif yang bisa dilakukan saat ini ketika pandemi masih terjadi di Indonesia. Hal tersebut berkaca pada semakin tingginya kasus Covid-19 di Indonesia sehingga kesempatan untuk menjalankan turnamen olahraga fisik semakin kecil.

Selain itu, esports adalah sebuah olahraga yang memiliki banyak sekali sisi positif bagi mahasiswa. Mahasiswa menjadi lebih berdisiplin, bertanggung jawab, memperluas pergaulan mereka, dan mendapatkan wadah untuk membentuk karakter mereka.

Dr. Paisal, S.E.,M.Si. selaku pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) olaharaga Polsri  mengatakan, “Tujuan dari esports sendiri adalah untuk pembentukan karakter dan pembangunan softskill. Hal itu juga didukung dengan adanya pandemi ini sehingga mahasiswa harus memutar otak mereka untuk tetap berkegiatan dengan metode daring.”

“Mahasiswa adalah manusia-manusia intelektual. Mereka terus berfikir dan bergerak maju dan esports menjadi salah satu program yang menunjukkan hal tersebut. Mereka menjadikan esports sebagai salah satu program olahraga mereka dan antusiasme yang ditunjukkan mahasiswa juga tinggi. Esports juga adalah salah satu cabang olahraga yang sinkron dengan program pendidikan kita, yaitu membentuk karakter yang cerdas dan berprestasi,” tutupnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Esports