Connect with us

News

Siap-Siap, Sekolah dan Kampus Tatap Muka Juli 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutarakan harapannya mengenai perencanaan sekolah tatap muka. Beliau mengatakan bahwa ia ingin kegiatan sekolah tatap muka bisa dilakukan pada semester kedua tahun ini atau lebih tepatnya pada bulan Juli 2021.

Menurut berita dari cnbcindonesia.com, keinginan Jokowi untuk melaksanakan sekolah tatap muka pada bulan Juli 2021 tersebut disampaikannya usai melaksanakan vaksinasi terhadap tenaga pendidik di wilayah Jakarta. Setelah Jakarta, vaksinasi akan dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia.

“Karena tenaga pendidik dan kependidikan, guru akan kita berikan prioritas terlebih dahulu. Hal ini dilaksanakan agar harapan kita yaitu melaksanakan program sekolah tatap muka bisa terealisasi pada semester kedua,” ucap Jokowi seperti yang dilansir oleh cnbcindonesia.com.

Dirjen PAUD Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia, Jumeri, mengatakan saat diwawancarai oleh pihak kumparan.com, “Dibuka secara serentak, namun dengan bertahap dan tidak tatap muka secara murni.”

Akan tetapi, penetapan peraturan sekolah tatap muka ini tidak serta merta disetujui dari satu pihak saja, orang tua murid juga bisa menolak untuk mengikutsertakan anaknya dalam program ini.

“Nanti kalau orang tua masih khawatir terhadap program tatap muka ini, mereka bisa menyuruh anaknya untuk melakukan program pendidikan jarak jauh. Program ini termasuk ke dalam blended learning yang di mana campuran antara tatap muka dan jarak jauh. Program ini juga belum dilaksanakan secara murni dan protokol kesehatan yang diberlakukan juga sangat ketat,” tambah Jumeri.

Program ini tidak hanya menargetkan kepada pendidikan sekolah saja, melainkan kampus juga akan termasuk ke dalam program ini. Hal ini disampaikan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Nizam, yang mengatakan bahwa opsi pembelajaran tatap muka di kampus akan dibuka.Seme

Seperti yang dilansir di cnnindonesia.com, Nizam menyampaikan keinginannya tersebut berlandaskan pernyataan yang disampaikan oleh Jokowi yang ingin pembelajaran tatap muka bisa dilangsungkan pada bulan Juli 2021 seiring penyuntikan vaksin ke tenaga pendidikan.

“Harapan kita bisa segera dibuka dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga kampus. Kampus-kampus diharapkan bisa menyiapkan diri dengan baik dan memastikan bahwa protokol kesehatan dapat terlaksana dan terjaga dengan baik,” ucapnya.

Nizam juga menambahkan bahwa proses pembelajaran tatap muka di sekolah dan di kampus telah diatur melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri dan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News