Connect with us

TIPS

Sering Main Game? Ikuti Tips ini agar Tetap Sehat!

Pada zaman sekarang di mana teknologi semakin canggih dan maju, banyak kegiatan menjadi mudah dilakukan. Salah satunya seperti main game. Saat ini, orang yang ingin bermain game tidak harus memiliki komputer atau konsol game, mereka hanya butuh smartphone untuk bisa bermain game.

Bermain game di komputer, smartphone, atau konsol game memang menjadi hobi dan kegiatan yang mengasyikan bagi kebanyakan orang. Akan tetapi, saking asyiknya, terkadang orang lupa dengan lingkungan sekitar, serta kesehatan fisik dan mentalnya sendiri akibat sering main game.

Bermain game dapat memberikan dampak baik atau buruk. Untuk mengurangi dampak buruk tersebut, berikut beberapa tips agar kalian tetap sehat meski sering bermain game.

  1. Batasi main game

Kebanyakan orang suka lupa waktu saat bermain game, bahkan ada beberapa orang yang mengisi kegiatan sehari-harinya hanya dengan bermain game. Oleh karena itu, batasi waktu kalian untuk bermain game. Jadwalkan berapa lama kalian harus bermain game setiap harinya. Hal ini juga bisa melatih kedisiplinan kalian. Jika kalian terus bermain game tanpa beristirahat, nantinya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan mata kalian. Jangan paksa tubuh kalian untuk terus beraktivitas, apalagi hanya untuk bermain game, ya!

  1. Tidur yang cukup

Setelah beraktivitas seharian, apalagi jika ditambah dengan bermain game, tubuh kalian pasti butuh untuk beristirahat. Jauhkan ponsel kalian saat waktunya kalian istirahat. Tidur sangat penting bagi tubuh kalian karena pada saat tidur, tubuh akan memperbaiki kondisi fisik dan mental kalian sehingga kalian akan merasa segar dan berenergi saat bangun. Bagi anak dan remaja, tidur juga bisa membantu proses tumbuh kembang karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan.

Kurang tidur juga akan menyebabkan kalian mudah untuk terserang penyakit. Jadi, tidurlah dengan waktu yang cukup selama 7-9 jam setiap hari, atau 8-10 jam setiap hari untuk anak-anak dan remaja.

  1. Makan makanan bergizi

Keasyikan bermain game terkadang membuat orang lupa makan, jam makan menjadi tidak teratur, dan makan dengan terburu-buru agar bisa cepat-cepat bermain game lagi. Dengan makan, kalian juga bisa meningkatkan konsentrasi kalian, lho. Akan tetapi, usahakan jangan sering makan junk food, ya. Makanlah makanan yang bergizi untuk melengkapi nutrisi kalian. Kalian juga bisa sambil memakan camilan sehat seperti kacang-kacangan, buah-buahan, atau yang lainnya sambil bermain game.

  1. Minum air mineral yang cukup

Tidak hanya makan, orang yang sering bermain game juga terkadang sampai lupa minum karena malas bergerak dan sudah nyaman dengan posisinya saat bermain. Oleh karena itu, sebelum kalian mau bermain game, sebaiknya minum dulu dan sediakan air mineral yang banyak di dekat kalian. Minumlah air mineral dua 2-3 liter per hari. Air mineral juga baik agar kalian tidak kehilangan fokus saat bermain game.

  1. Atur kecerahan layar

Saat bermain game, perhatikan kecerahan layar komputer, televisi, atau ponsel kalian. Jangan gunakan layar yang terlalu terang atau terlalu redup. Cahaya yang terlalu terang akan menyebabkan iritasi mata dan penyakit mata lainnya, sedangkan layar terlalu redup akan membuat kalian lebih fokus untuk menatap layar yang menyebabkan kalian jadi pusing. Keduanya akan memicu masalah kesehatan kalian. Jadi, sesuaikan kecerahan layar komputer, televisi, atau ponsel kalian dengan baik, ya.

  1. Posisi duduk yang baik

Saat duduk, pastikan postur dan posisi duduk kalian sudah baik dan benar karena saat main game pasti kalian akan duduk lama pada posisi tersebut. Postur dan posisi posisi duduk yang buruk akan membuat kalian sakit punggung, saraf terjepit, aliran darah tidak lancar, mata mudah lelah, kesemutan, dan lain-lain. Untuk menghindari gangguan kesehatan tersebut, biasakan diri kalian untuk duduk dengan benar. Sesuaikan posisi kursi dengan punggung harus tegak lurus dan rileks. Atur jarak layar komputer, televisi, dan ponsel kalian. Sesuaikan tangan, mouse, atau keyboard kalian dengan tepat. Kalian juga harus biasakan menarik perut saat duduk, memiliki bantalan kursi, kaki menapak dengan baik, dan pandangan lurus ke depan.

  1. Perbanyak main game yang mengasah otak

Selain untuk hiburan dan penghilang kebosanan, ada juga game untuk mengasah otak lho. Banyak game yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kalian, seperti puzzle, kuis, dan lain-lain. Game yang mengasah otak tersebut tidak harus selalu kalian mainkan jika kalian tidak suka game seperti itu. Kalian bisa jadikan game tersebut sebagai selingan saat kalian bermain game kesukaan kalian. Dengan begitu, kalian bisa bermain game sekaligus mengasah otak dan memaksimalkan fungsi otak kalian. Kalau bisa, jangan memainkan game yang memancing emosi kalian, ya. Game yang memancing emosi tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental jika terus dilakukan.

  1. Ajak orang lain untuk bermain

Main game bersama teman, saudara, atau tetangga, akan lebih baik daripada bermain sendirian. Jika bermain sendirian, kamu hanya akan fokus pada diri sendiri dan melupakan lingkungan serta orang-orang di sekitar. Main game beramai-ramai akan meningkatkan jiwa sosial dan mempererat hubungan kalian dengan orang lain.

  1. Lakukan olahraga dan aktivitas fisik

Aktivitas fiisk kalian pasti berkurang jika hanya fokus bermain game setiap harinya. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga atau aktivitas fisik sebelum, sesudah, atau di sela-sela aktivitas kalian bermain game. Olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan juga tidak harus berat. Lakukan olahraga atau aktivitas fisik yang ringan-ringan saja seperti push-up, sit-up, atau hanya sekadar stretching.

Itulah sembilan tips yang bisa kalian lakukan agar tetap sehat saat bermain game. Bermain game boleh saja, tapi kalian juga harus mementingkan diri sendiri dulu, ya, daripada nanti kalian sakit dan tidak bisa bermain game sama sekali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TIPS