Connect with us

News

Rivaldo Pensiun Dini dari Dunia Basket Profesional

Kabar mengejutkan datang dari salah satu alumni Universitas Pelita Harapan (UPH) yang juga jebolan student athlete (SA) Liga Mahasiswa Basket selama tiga season hingga 2017. Rivaldo Tandra Pangesthio secara tiba-tiba dirinya memutuskan pensiun dini dari Satria Muda (SM) Pertamina Jakarta. Hal tersebut disampaikan melalui channel YouTube Satria Muda.

Rivaldo merupakan salah satu bintang muda di SM. Selama dua tahun karier profesionalnya, Rivaldo meraih satu gelar juara Indonesian Basketball League (IBL), satu gelar rookie terbaik musim lalu, dan medali perak SEA Games 2019 Filipina di basket 3X3. Rivaldo juga sudah beberapa kali tercatat sebagai pemain peringkat satu 3X3 Indonesia.

Rivaldo menjelaskan bahwa alasan utama yang membuatnya mengambil keputusan pensiun dini adalah cedera Posterior Cruciate Ligament (PCL). Rivaldo mengaku sudah mengalami putus PCL di kaki kanan pada 2017 dan harus memaksanya menepi selama enam bulan. Sebelum playoff lalu, Rivaldo kembali cedera PCL di kaki kiri karena kecelakaan sepeda. Jadi, Rivaldo bahkan bermain di playoff dalam kondisi membawa cedera yang cukup parah.

Sebelum memutuskan pensiun dini, Rivaldo juga sempat ragu dengan keputusan pensiunnya di SM. Pada akhirnya Rivaldo berdoa dan meminta petunjuk kepada Tuhan bahwa dia harus pensiun atau terus lanjut ke dunia basket profesional.

“Saya sudah berdoa kepada Tuhan, tolong beri saya tanda apakah saya harus lanjut di basket profesional atau tidak, karena kontrak saya kebetulan habis tahun ini. Kemudian saya mengalami kecelakaan sepeda yang membuat PCL saya putus. Saya yakin ini tandanya dan saya pun ingin memastikan untuk menutup karier dengan gelar juara,” ujar pemain asli Pontianak ini.

Setelah pensiun, Rivaldo ingin fokus pada dunia bisnis. Sebenarnya, dunia bisnis sendiri sudah digeluti sejak masa kuliah bersama kakaknya. Namun, kini dia paham betul bahwa tidak bisa setengah-setengah antara basket dan bisnis, pada akhirnya memutuskan fokus total pada bisnis.

Pada wawancara terakhir bersama LIMA, Rivaldo juga mengungkapkan keinginannya untuk studi S2 dengan mengambil jurusan Bisnis. Kini terbukti, Rivaldo memilih kariernya pada dunia bisnis dan masih terus berusaha menyelesaikan studi S2 di Universitas Pelita Harapan. Saat menempuh S1 Rivaldo dapat beasiswa dari UPH, sekarang saat S2 beasiswa dari SM.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News