Connect with us

LIMA Badminton: Blibli.com WJC Season 8

Riki Raih Gelar Pertama Tunggal Putra

Bandung – Riki Nur Fajar Rohman dari Universitas Padjadjaran (Unpad) meraih gelar pertamanya di sektor perseorangan tunggal putra LIMA Badminton: Blibli.com West Java Conference Season 8. Ia menundukkan wakil Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Yosafat Efraim, dengan skor 21-19, 19-21, 11-9, di final yang digelar di GOR Tri Lomba Juang, pada Senin (9/3).

Riki memenangi pertandingan puncak setelah menjalani laga ketat, bahkan ia sempat cedera di lapangan saat rubber set. Namun, tekad kuat student athlete jurusan Hubungan Internasional tersebut membuatnya mampu mengalahkan lawan di laga puncak dan merebut gelar perseorangan tunggal putra LIMA Badminton: Blibli.com West Java Conference Season 8. Sebelumnya, Riki juga sudah meraih kemenangan di semifinal atas Farid Pramadita Gunawan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sebelas April Sumedang (STIE SAS), dengan skor 16-21, 21-17, 11-7.

Pada babak final set pertama, meski lebih banyak melakukan unforced error, Riki unggul lewat smes dan dropshot. Pada set kedua, giliran Yosafat yang unggul berkat poin-poin lewat smes, drive, dan netting. Riki meningkatkan performanya kembali pada set ketiga. Kedua pemain sama-sama bermain dengan baik, tetapi Riki mampu menutup pertandingan dengan kemenangan.

Riki mengungkapkan rasa senangnya bisa menjadi juara di musim ini. Ia mengatakan, “Saya senang dan bangga dengan prestasi yang didapat. Pada tahun kedua saya ikut kompetisi LIMA, saya bisa tampil dengan maksimal. Meski sempat cedera, saya modal nekat untuk melanjutkan pertandingan karena  poin sedang kritis. Dengan hasil ini, saya ingin menunjukkan bahwa, selain menjadi mahasiswa, saya juga bisa berprestasi di olahraga. Di Nationals nanti, saya tidak memiliki target tinggi, tetapi saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk kampus.”

Meski harus mengalami kekalahan, Yosafat juga tetap bersyukur dengan hasil yang didapat. “Pada pertandingan final tadi, saya sering melakukan banyak kesalahan. Dengan masuk ke final juga sudah mencapai target saya yang ingin masuk semifinal. Prestasi ini saya ingin dapatkan untuk kampus yang telah memberikan beasiswa. Ini merupakan bentuk terima kasih saya kepada kampus. Di fase Nationals nanti, saya akan berusaha untuk meminimalkan kesalahan sendiri dan lebih fokus. Target saya adalah masuk semifinal, kalau bisa ingin menjadi juara,” ungkapnya.

Selain pertandingan final, ada juga pertandingan perebutan peringkat ketiga di sektor tunggal putra. Pada laga tersebut, Farid dari STIE SAS yang merupakan peringkat ketiga LIMA Badminton: Blibli.com West Java Conference musim lalu, berhasil mempertahankan posisinya musim ini. Stduent athlete jurusan Manajemen tersebut mengatasi perlawanan pemain Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), dengan skor 21-13, 21-12, dalam kurun waktu 26 menit.

Meski kecewa, Farid bertekad untuk mendapat hasil lebih baik di LIMA Badminton Nationals Season 8. Ia berkata, “Saya sedikit kecewa dengan hasil yang diraih karena awalnya saya memiliki target untuk menjadi juara. Di LIMA Badminton Nationals nanti, saya akan lebih bekerja keras lagi sehingga tidak akan mendapat hasil yang tidak maksimal. Hasil yang saya dapatkan juga untuk kampus dan orang-orang yang mendukung saya. Oleh karena itu, saya berharap bisa mendapat hasil yang lebih baik di Nationals.”

Dengan hasil ini, Riki dari Unpad yang menjadi juara, Yosafat dari Unikom yang berada di posisi runner-up, student athlete STIE SAS, Farid yang mengisi di peringkat ketiga, dan Daniel dari Unpad yang berada di posisi keempat, akan melaju ke LIMA Badminton Nationals Season 8. Fase Nationals tersebut akan berlangsung pada 20-29 Maret mendatang di GOR KONI, Bandung.

Setelah laga perseorangan selesai, kompetisi LIMA Badminton: Blibli.com West Java Conference Season 8 akan memasuki pertandingan kategori beregu yang akan dilaksanakan pada 10-15 Maret. Datang dan saksikan aksi-aksi tim di Jawa Barat secara langsung di GOR Tri Lomba Juang, atau livestream di official Youtube Liga Mahasiswa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Badminton: Blibli.com WJC Season 8