Connect with us

Basketball

Review LIMA Basketball Season 6

Di musim keenam, kompetisi Liga Mahasiswa (LIMA) cabang olahraga bola basket melibatkan lima conference. Kelima conference itu adalah Air Mineral Prim-A Gretaer Jakarta Conference, Blibli.com West Java Conference, Go-Jek Sumatra Conference, Kaskus Java and Special Region of Yogyakarta Conference, dan McDonald’s East Java Conference.

Gelar LIMA Basketball: Air Mineral Prim-A Gretaer Jakarta Conference direbut tim putra dan putri Universitas Pelita Harapan Banten. Peringkat kedua ditempati tim putra dan putri Universitas Esa Unggul Jakarta. Peringkat ketiga diisi oleh tim putra Institut Perbanas Jakarta dan tim putri Universitas Tarumanagara Jakarta.

Di LIMA Basketball: Blibli.com West Java Conference, juara tim putra diduduki Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung. Tim putri ITHB menjadi peraih peringkat ketiga. Peringkat kedua putra dan putri jatuh ke tangan Universitas Padjadjaran. Putri Universitas Katolik Parahyangan berhasil menjuarai kategori putri. Tim putra Unpar mengisi peringkat ketiga.

Tidak seperti konferensi sebelumnya yang juga diikuti oleh tim putri, LIMA Basketball: Go-Jek Sumatra Conference hanya melibatkan tim pria. Gelar kompetisi ini diambil Universitas Prima Indonesia. STIE Eka Prasetya finis sebagai runner-up, dan peringkat ketiga diraih oleh STMIK Time.

Memasuki LIMA Basketball: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference, gelar kampiun berhasil dibawa pulang oleh tim putra Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan tim putri Universitas Dian Nuswantoro. Peringkat kedua jatuh ke tangan putra Universitas Dian Nuswantoro dan tim putri Universitas Sebelas Maret. Selain itu, peringkat ketiga didapatkan tim putra Universitas Sebelas Maret dan putri Universitas Gadjah Mada.

Setelah CJYC usai, perjalanan berlanjut ke LIMA Basketball Basketball: McDonald’s East Java Conference. Dalam kompetisi ini, Universitas Surabaya kembali tampil sebagai pemegang gelar kampiun bagi tim putra dan putri. Universitas Airlangga menyandingkan posisi runner-up untuk tim putra dan putri, sedangkan peringkat ketiga diraih oleh tim putra Institut Teknologi 10 September dan tim putri Universitas Negeri Malang.

Tak lama setelah region Jawa Timur rampung, LIMA Basketball Nationals digelar di Surabaya. Kompetisi ini menelurkan kampiun skuat putra UPH dan skuat putri UEU. Universitas Esa Unggul kembali unggul detelah posisi runner-up dipegang oleh tim putra dan disusul oleh tim putri UPH yang menyabet juara kedua. Posisi ketiga diraih oleh tim putra Institut Perbanas dan tim putri Ubaya. Di samping itu gelar Best Management juga didapat oleh tim putra Institut Perbanas dan tim putri Ubaya.

Di ajang ini, penghargaan juga diberikan untuk individual. Tiara Aulia Denaya berhasil menyandang dua gelar sekaligus di kategori pemain putri, yakni sebagai Top Assist dan Top Steal mewakili UEU. Untuk kategori pemain putri dianugerahkan kepada Lea Elvensia W. Kahol (Ubaya) setelah sukses cetak dua gelar Top Rebound dan Top Score. Top Assist putra diberikan kepada Cristian Pascal (Unpad). Top Rebound putra jatuh ke tangan Agus Salim (UEU). Top Block putra diraih Agung Eko Prabowo (Ubaya), dan untuk kategori putri didapatkan Ni Komang Sitha Dewi Marho dari UPH.

Dandung O’Neal Pamungkas (UAJY) berhasil meraih Top Scorer putra. Muhammad Basith dari Perbanas mendapatkan gelar Top Steal di ajang ini. Tidak sampai di situ, Perbanas menyandang gelar Best Management untuk kategori putra. Gelar All Academic Player jatuh kepada pemain putra, Alfi mewakili Universitas Ahmad Dahlan, dan kepada pemain putri, Zulfa Nur Umiyah dari UPI. Gelar MVP putra digaet Yesaya Alesandro Saudale (UPH) dan pemain putri UEU, Jane Charissa Adelaide Purwandoyo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Basketball