Connect with us

CAMPUS LIFE

Rekomendasi Jurusan Olahraga Terbaik di PTN Indonesia

Banyak sekali jurusan atau fakultas pada tiap kampus, masing-masing kampus juga memilki keunggulan tiap jurusan dalam kampusnya. Khususnya pada jurusan olahraga, ada beberapa kampus yang bagus dan terbaik pada jurusan olahraga.

Jurusan olahraga itu kini sudah banyak yang minat. Terutama bagi kamu yang memang tertarik di bidang olahraga. Prospek jenjang karier dari fakultas keolahragaan juga bagus, bisa jadi guru olahraga, pelatih, wasit pertandingan, bahkan atlet.

Di Indonesia banyak kampus yang memiliki fakultas olahraga dengan berbagai program studi. Seperti jurusan ilmu olahraga, jurusan pendidikan kepelatihan, jurusan pendidikan jasmani, olahraga rekreasi, dan pendidikan jasmani dan kesehatan. Berikut kampus-kampus yang memiliki  fakultas olahraga terbaik di Indonesia.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung

UPI merupakan Universitas Negeri yang mempunyai Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Didirikan Pada tanggal 20 okteber 1954 di kota Bandung Jawa barat dan diresmikan Menteri Pendidikan Pengajran Mr. Muhammad Yamin. Universitas ini dulunya bernama IKIP kemudian berganti nama menjadi UPI pada tahun 1999 tanggal 7 Okteber.

UPI mempunyai Fakultas olahraga yaitu, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) dan menaungi beberapa jurusan yaitu, Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Ilmu Keolahragaan (IKOR), PGSD Penjas, dan Keperawatan. Sampai sekarang Fakultas Olahraga yang berada di UPI salah satu yang terbaik. Karena, mereka di tunjang dengan sarana pra sarana yang memadai, di tambah tenaga pengajar yang berkualitas.

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Sebelumnya, UNJ bernama IKIP Jakarta yang berdiri pada tanggal 16 Mei 1964, Universitas Ini merupkan gabungan dari FKIP dan IPG. Seiring dengan keluarnya Keppres tanggal 4 Agustus 1999 berubah nama menjadi Universitas Negeri Jakarta yang di resmikan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu. UNJ mempunyai fakultas olahraga yaitu Fakultas Ilmu keolahragaan (FIK), mengelola tiga Jurusan dan lima Program Studi yaitu jurusan Sosiokinetika (Olahraga Pendidikan), Jurusan Somatokinetika (Olahraga Prestasi), dan Jurusan Antropokinetika (Olahraga Rekreasi).

  1. Universitas Negeri Semarang (Unnes) Semarang

Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES yang sebelumnya bernama Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan di bawah naungan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang telah dimulai dengan berdirinya berbagai lembaga pendidikan guru Pendidikan Jasmani di atas jenjang SMA. Sama dengan IKIP yang lain kemudian sesuai keputusan Presiden berubah nama menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES). UNNES memiliki fakultas olahraga yaitu, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan terdapat 4 jurusan diantaranya, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKLO), Ilmu Keolahragaan (IKOR), dan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM).

  1. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto

UNSOED masih terbilang baru dalam memiliki jurusan keolahragaan. Belum mempunyai fakultas khusus keolahragaan namun masih menginduk dengan fakultas ilmu-ilmu kesehatan yang baru berdiri juga pada tahun 2014.

Meskipun masih baru jurusan pendidikan Jasmani sudah memiliki akreditasi A yang terbukti memilki standar kualitas yang baik dalam kurikulum serta fasilitas. Letak kampus sangat mendukung dalam akses perkuliahan karena terletak di kota Purwokerto yang dikelilingi fasilitas pendukung yang lengkap seperti tempat wisata alam, tempat wisata edukasi dan pusat perbelanjaan.

  1. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Surabaya

UNESA didirikan pada tanggal 19 Desember 1964 dan merupakan universitas negeri yang bisa dipertimbangkan ketika ingin mengambil jurusan Olahraga. UNESA memiliki fakultas olahraga juga, yaitu Fakultas Ilmu Keolahragaan dan didalamnya terdapat tiga prodi. Jurusan Pendidikan Kepelatihan, Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, dan Jurusan Pendidikan Olahraga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in CAMPUS LIFE