Connect with us

TIPS

Rekomendasi Film Lokal Adaptasi Novel

Kamu pasti pernah menonton film yang diadaptasi dari buku atau novel. Sudah banyak film Indonesia yang diangkat dari novel, mulai dari genre fiksi hingga ke horror sekalipun. Para pegiat sinema gemar mengangkat novel untuk di jadikan film karena cerita yang diangkat pada buku menarik dan menjadi tantangan untuk di visualkan.

Film lokal apa saja yang sudah diangkat ke layar lebar? Dan apakah menarik untuk di tonton? Itu balik lagi ke kamu yang tertarik untuk menontonnya atau tidak. Berikut film lokal yang mampu mengangkatnya dari novel, yang mungkin bisa menjadi rekomendasi tontonan yang layak untuk kamu.

  1. Sang Penari  (2011)

Sang Penari merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada 10 November 2011 yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah serta dibintangi oleh Prisia Nasution dan Oka Antara sebagai pemeran utama, serta Slamet Rahardjo, Dewi Irawan dan Hendro Djarot sebagai pemeran pendukung.

Film ini diadaptasi dari novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk tahun 1982 karya Ahmad Tohari, penulis asal Banyumas, Jawa Tengah. Film ini menceritakan kisah cinta tragis seorang pemuda desa dengan seorang penari ronggeng baru di desa kecilnya yang dirundung kemiskinan, kelaparan, dan kebodohan di Indonesia tahun 1960-an yang penuh gejolak politik.

  1. Negeri 5 Menara (2012)

Negeri 5 Menara adalah film garapan Kompas Gramedia Production bersama Million Pictures yang merupakan adaptasi dari novel karya Ahmad Fuadi berjudul Negeri 5 Menara. Novel tersebut diterbitkan oleh Gramedia pada 2009.

Kemudian diangkat menjadi sebuah film di tahun 2012. Film ini disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman. Negeri 5 Menara bercerita tentang kehidupan 6 santri dari 6 daerah yang berbeda yang tengah menuntut ilmu di Pondok Madani (PM) Ponorogo Jawa Timur.

  1. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (2013)

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck  adalah film drama romantis Indonesia tahun 2013 yang disutradarai oleh Sunil Soraya dan diproduseri oleh Ram Soraya. Film ini diadaptasi dari novel yang berjudul Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karangan Buya Hamka.

Film ini mengisahkan tentang perbedaan latar belakang sosial yang menghalangi hubungan cinta sepasang kekasih hingga berakhir dengan kematian. Diproduksi oleh Soraya Intercine Films, film ini antara lain dibintangi oleh Pevita Pearce, Herjunot Ali, Reza Rahadian, dan Randy Danistha.

  1. Jakarta Undercover (2017) 

Jakarta Undercover merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada 23 Februari 2017 dan disutradarai oleh Fajar Nugros. Seperti halnya film Jakarta Undercover yang dirilis 2007 silam, film ini juga diangkat dari buku karya Moammar Emka. Film yang menceritakan tentang dunia malam ibu kota ini dibintangi oleh Oka Antara, Baim Wong, Tiara Eve, Ganindra Bimo, Tio Pakusadewo, dan sederet nama-nama besar lainnya.

Film ini mengisahkan tentang Pras yang mengejar cita-citanya menjadi seorang wartawan dengan berangkat ke Jakarta dan berguru pada Djarwo, seorang pemimpin redaksi sebuah majalah berita. Suatu ketika Pras menyadari tulisannya dimanfaatkan kantornya untuk tujuan tertentu, terlebih setelah dia bertemu Awink, seorang penari malam, yang memperkenalkannya pada Yoga, sosok penting dalam dunia bisnis gelap Jakarta.

  1. Aruna & Lidahnya (2018)

Aruna & Lidahnya merupakan film drama Indonesia yang diadaptasi dari novel yang berjudul Aruna & Lidahnya  karya Laksmi Pamuntjak dan dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Nicholas  Saputra, Hannah Al Rashid, dan Oka Antara.

Tema dari film ini adalah masakan Indonesia yang dituangkan ke dalam sebuah alur cerita yang berfokus pada persahabatan dua pria dan dua wanita yang semuanya sekitar berusia 30-an, bersamaan pula dengan penyelidikan kasus flu burung yang dilakukan dua orang di antara mereka.

  1. Bumi Manusia (2019)

Bumi Manusia adalah sebuah film drama biografi sejarah Indonesia tahun 2019 yang disutradarai Hanung Bramantyo dan ditulis Salman Aristo. Film ini diangkat dari novel yang berjudul Bumi Manusia  karya Pramoedya Ananta Toer.

Film ini dibintangi Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, dan Sha Ine Febriyanti. Film ini menceritakan Minke antara kemajuan Eropa dan perjuangan membela tanah airnya serta hubungan asmaranya dengan Annelies.

  1. Perburuan (2019)

Perburuan adalah film drama sejarah Indonesia tahun 2019 yang disutradarai Richard Oh dan dibintangi Adipati Dolken, Ayushita, Ernest Samudra, Khiva Ishak, dan Michael Kho. Film ini diadaptasi dari novel berjudul Perburuan karya Pramoedya Ananta Toer.

Film ini berlatarkan enam bulan setelah kegagalan tentara Pembela Tanah Air (PETA) melawan tentara Jepang di Indonesia. Kekalahan itu menyebabkan shodancho PETA Hardo yang terluka akibat perang kembali ke kampung halamannya di Blora, Jawa Tengah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TIPS