Connect with us

Futsal

Putri UB dan UIR Berebut Tiket

Putri Universitas Brawijaya (UB) Malang belum bisa menggeser STKIP Pasundan dari posisi kedua pul hingga laga ini, Rabu (12/12).

Putri Universitas Brawijaya (UB) Malang memenangi laga menghadapi STKIP Pasundan Cimahi dalam lanjutan persaingan di Pul Putih LIMA Futsal Nationals 2018. Meski menang dan mengoleksi poin yang sama, UB belum bisa menggeser STKIP Pasundan dari posisi kedua pul hingga laga ini.

Dalam pertandingan pada Rabu (12/12), STKIP Pasundan asuhan Jaka Purwakusumah bisa memimpin skor lebih dulu di menit keenam melalui Sofi Nofianti (10). Namun, keunggulan itu hanya bertahan dua menit. Rizki Nur Latifah (13) berhasil menyamakan kedudukan.

Tiga menit sebelum turun minum antarbabak, UB yang dilatih Rizal Achmada Fatoni berbalik unggul. Riskyi Ramadhani (12) mencetak gol kedua runner-up EJC Surabaya ini.

Babak kedua berlangsung ketat. STKIP Pasundan lebih dominan seturut usaha menyamakan kedudukan. Akan tetapi,  tak ada gol tambahan sampai akhir laga.

Dengan kemenangan 2-1 ini, UB mengumpulkan empat poin, sama dengan yang dikoleksi STKIP. Walau kalah dalam selisih gol, UB meraihnya dari dua laga.

Duel di GOR STTD, Bekasi, ini merupakan yang terakhir bagi Pasundan. Posisi mereka terancam tiga tim lainnya, termasuk UB, selain UNJ yang telah memastikan juara grup.

UB akan melakoni laga terakhir kontra Univ. Islam Riau (UIR) pada Kamis (13/12). Duel itu sangat mungkin menentukan keberhasilan mereka ke empat besar.

Beberapa saat kemudian, skuat putri Universitas Islam Riau (UIR) beranjak dari dasar klasemen Pul Putih sekaligus menghidupkan peluang lolos ke semifinal LIMA Futsal Nationals 2018 setelah mengukir kemenangan pertama. Pada Rabu (12/12), UIR menundukkan Universitas Negeri Malang (UM) dengan skor tipis.

Sebelum duel, UIR telah dua kali menelan kekalahan di dua partai awal. Tiga poin pertama akan menghidupkan kans mereka ke empat besar.

UM, juara EJC, juga membutuhkan kemenangan untuk menaikkan kans ke empat besar. Tim besutan Arif Rahmat Hidayatulloh ini unggul saat duel baru memasuki menit ketiga. Kapten UM, Resty Dona Rahayu (10), menjadi pencetak gol pertama laga ini.

UIR terus menekan untuk gol penyeimbang. Tekanan konstan skuat kampiun LIMA Futsal Sumatra Conference itu berbuah saat babak pertama tersisa semenit. Desi Ratna Sari (10) menyamakan kedudukan.

Kedua tim sama-sama bertahan dengan baik di paruh kedua laga di GOR STTD, Bekasi, ini. Akan tetapi, UIR bisa memunculkan keunggulan tipis dalam penyelesaian akhir. Ivo Herawati (5) menjebol gawana UM di menit ke-37.

Upaya UIR mempertahankan keunggulan berujung kartu merah pemain mereka, Sindi Ramadhan (8), semenit terakhir. Namun, UM gagal memanfaatkannya untuk menyamakan kedudukan.

Dengan kemenangan 2-1 ini, UIR melewati UM di klasemen. UM baru mengumpulkan dua angka.

UIR akan menghadapi Univ. Brawijaya (UB) di laga terakhir mereka pada Kamis (13/12). Partai ini sangat mungkin memperebutkan tiket ke empat besar. UM mencoba menjaga kans kecil mereka saat menghadapi tim yang telah memastikan posisi juara Pul Putih, Univ. Negeri Jakarta (UNJ) di hari terakhir penyisihan grup.

Unpad Tunggu Keajaiban

Dari Pul Merah, tim putri Universitas Padjadjaran (Unpad) mengakhiri kiprah di penyisihan LIMA Futsal Nationals 2018 dengan poin penuh. Runner-up LIMA Futsal Jawa Barat itu menekuk Universitas Budi Luhur (UBL) untuk upaya terakhir pada Rabu (12/12).

Unpad membutuhkan banyak gol untuk menjaga kesempatan mereka tampil di empat besar. Namun, UBL, walau tak berpeluang lolos, tidak membiarkan lawan yang dilatih Iriyandi itu mendominasi laga di GOR STTD, Bekasi, ini. Walau tak leluasa, Unpad bisa menunjukkan keunggulan dalam penyelesaian akhir di dua babak.

Unpad memimpin di menit ke-18 melalui penyelesaian Annabelle Salsabila Wibowo (5) memanfaatkan operan sepak pojok kapten tim, Leni Yuliani (10). Skor 1-0 mewarnai akhir babak pertama.

UBL racikan Pola Kurnady kembali memberikan perlawanan sengit di babak kedua. Unpad baru bisa mencetak gol kedua di pengujung babak.

Lewat sebuah serangan balik berawal dari lemparan kiper Neni Rahayu (20), Leni (10) kembali menjadi pemberi assist untuk gol di menit ke-38. Sopia (14) secara mudah menjaringkan si kulit bulat. Unpad menang 2-0.

Partai ini merupakan yang terakhir bagi kedua kubu di Pul Merah. UBL mengumpulkan tiga poin dari empat laga.

Dari empat pertandingan, Unpad mengoleksi tujuh angka, sama dengan milik Univ. Pendidikan Indonesia (UPI). Namun, UPI masih menyimpan satu laga, yakni melawan Univ. Negeri Yogyakarta (UNY) pada Kamis (13/12), dan memiliki selisih gol yang besar, yaitu 14 gol. Unpad membutuhkan keajaiban untuk lolos, yaitu bila UPI kalah dengan selisih selusin gol dari UNY.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Futsal