Connect with us

LIMA Basketball Nationals Season 7

Putra Unair Singkirkan UAJY

Jakarta – Laga antara putra Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menutup hari ketiga perhelatan LIMA Basketball Nationals 2019, Rabu (7/8). Dalam pertandingan Pul Masa di Gelanggang Remaja Jakarta Timur ini, Unair bisa memaksimalkan kelebihan mereka untuk mencetak kemenangan pertama dari dua laga.

Unair memimpin empat angka di awal pertandingan. Namun, UAJY bisa mengejar keunggulan lawan. Kuarter pembuka berakhir dengan kedudukan 18-14 untuk wakil Jawa Tengah dan Yogyakarta itu.

UAJY masih memimpin 27-24 di lima menit pertama kuarter kedua. Di lima menit kedua periode kedua ini, Unair tampil lebih tajam. Saat rehat antarparuh laga, kedudukan 34-31 untuk keunggulan tim besutan Aries Herman ini.

Unair semakin menunjukkan kapasitas mereka sebagai juara LIMA Basketball: McDonald’s East Java Conference 2019 di kuarter ketiga. Dengan akurasi tembakan yang lebih baik, Unair berhasil melebarkan jarak keunggulan menjadi 17 poin di akhir kuarter ketiga.

Memasuki kuarter pamungkas, Unair tak mengendurkan tekanan terhadap lawannya. Unair tetap lebih produktif dan menampilkan pertahanan yang lebih rapat daripada UAJY. Unair memenangi duel ini dengan kedudukan 68-50.

Student-athlete Unair, Zacharias Kreshna Arief menjadi yang tersubur dengan 16 poin. Dua big man, Padre Taranngiar Hosbach dan Muhammad Naufal Alifio Rizq sama-sama mencetak 11 angka dan masing-masing mengukir 15 dan 11 rebound.

Hasil ini merupakan kemenangan pertama Unair setelah mereka mengalami kekalahan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) di laga pertama. Wakil Jawa Timur ini masih memiliki peluang kecil untuk lolos ke semifinal. Namun, mereka mesti menghadapi runner-up Nationals musim lalu, Universitas Esa Unggul (UEU), di laga selanjutnya pada Sabtu (10/8). Dengan kekalahan kedua, UAJY tak berpeluang lolos ke empat besar. UAJY akan mencoba mencatat angka penuh pertama di laga terakhir mreka kontra Unpad pada Jumat (9/8).

“Pertandingan yang luar biasa. Lawannya juga sangat bagus. Kemenangan kali ini mungkin faktor keberuntungan. Tadi kapten kami cedera d awal pertandingan, jadi beban mereka semakin berat. Saya sangat ingin memenangi pertandingan ini karena ingin masuk ke semifinal. Terlebih di pertandingan selanjutnya akan melawan UEU. Kami hanya akan berusaha semaksimal mungkin,” ujar Aries Herman, pelatih Unair.

“Alhamdulillah saya bisa menyumbanh skor banyak untuk tim, karena ini merupakan gim penentuan untuk kami. Saya juga disemangati oleh teman-teman. Jadi, kalau bisa melakukan lebih kenapa tidak,” kata Yossica.

Sementara itu, pelatih UAJY, Kho Andika Kosasih mengatakan, “Mereka masih muda, butuh jam terbang yang lebih banyak. Kami mengakui kekalahan ini. Meski kalah, para pemain sudah berusaha dengan baik, dan akan memperbaiki diri lagi terutama mental untuk menjalani gim-gim ketat.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Basketball Nationals Season 7