Connect with us

News

Prof. Kuwat, Sang Penemu Pendeteksi Covid-19, GeNose

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Prestasi demi prestasi telah mereka berikan kepada pendidikan Indonesia.

Salah satu penemuan mereka di masa pandemi ini adalah GeNose. GeNose adalah alat pendeteksi cepat virus Covid-19. Alat bernama GeNose ini berhasil ditemukan oleh Prof. Drs. Kuwat Triyono, M.Si., Ph.D.

Berkat penemuannya bersama tim dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prof. Kuwat berhasil mendapatkan penghargaan Anugerah UGM. Penghargaan tersebut diberikan kala peringatan Dies Natalis ke-71 UGM yang diselenggarakan secara luar jaringan terbatas dan disiarkan dalam jaringan pada Sabtu (19/12).

Sejauh ini, alat pendeteksi Covid-19, GeNose, telah didukung oleh pemerintah. Pada fase pertama, alat ini akan diproduksi sebanyak 100 unit dan hal tersebut juga didukung dengan adanya sokongan dana dari Badan Intelejen Negara (BIN) dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Prof. Kuwat merupakan seorang dosen pada Departemen Fisika FMIPA UGM. Tidak hanya menjadi dosen, beliau adalah seorang peneliti di Institute of Halal Industry and System (IHIS) UGM. Ia menekuni kajian fisika material dan instrumental sejak 2008.

Selain GeNose, beliau juga pernah membuat berbagai macam produk seperti masker antipolusi asap dan bakteri berbahan nanofiber, hidung elektronik untuk deteksi cepat kontaminasi zat berbahaya, kadaluwarsa, dan kehalalan produk dalam makanan. Beliau juga pernah membuat lidak elektronik untuk otentikasi halal, deteksi keaslian dan kualitas produk secara cepat, akurat, dan portabel.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News