Connect with us

CAMPUS LIFE

Perbedaan PTN dan PTS yang Harus Diperhatikan Calon Mahasiswa

Di Indonesia, terdapat berbagai perguruan tinggi. Baik itu negeri maupun swasta. Berdasarkan data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), perguruan tinggi swasta (PTS) jumlahnya mencapai 3.129 unit atau 68% dari total perguruan tinggi di seluruh Indonesia pada 2019. Sedangkan jumlah perguruan tinggi negeri (PTN) hanya 122 unit atau 2%.

Pada tahun ini, peminatan kuliah di PTS turun hingga 300 persen. Masalah ekonomi akibat pandemi Covid-19 diduga membuat masyarakat kesulitan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka hanya mengharapkan masuk PTN karena biaya kuliah yang relatif lebih murah. Selain soal biaya, berikut perbedaan antara PTN dan PTS yang bisa kamu perhatikan:

  1. Jalur Masuk

Terdapat tiga jalur masuk PTN, yaitu pertama melalui jalur undangan atau SNMPTN, di mana universitas akan menyeleksi berdasarkan nilai rapor semester 1-5. Kedua, melalui ujian secara nasional atau SBMPTN, di mana universitas akan menyeleksi berdasarkan nilai hasil ujian UTBK.

Terakhir, adalah jalur ujian mandiri yang biasanya diselenggarakan sendiri oleh universitas. Nilai dapat berdasarkan hasil ujian mandiri atau berdasarkan nilai ujian UTBK.  Kebijakan ujian mandiri berdasarkan kebijakan masing-masing PTN, pastikan untuk tetap mengikuti informasi resmi ujian mandiri di masing-masing universitas yang dituju.

Kebanyakan PTS menerapkan ujian masuk menjadi beberapa gelombang, sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan oleh masing-masing universitas. Daya saing ujian masuk PTS juga tidak akan seketat PTN, maka dari itu kesempatan untuk lolos ujian masuk PTS akan lebih besar dibanding PTN.

  1. Biaya Kuliah

Perbedaan selanjutnya adalah dalam hal biaya. PTN mendapatkan sumber pendanaannya dari pemerintah. Berbeda dengan PTS yang mendapatkan sumber dana secara mandiri meskipun tidak menutup kemungkinan masuknya bantuan dana dari pemerintah. Mungkin karena inilah muncul anggapan bahwa kuliah di PTS cenderung lebih mahal daripada kuliah di PTN meski sebenarnya tidak selalu demikian karena biaya kuliah sendiri dipengaruhi beberapa faktor seperti misalnya di PTN sekarang diterapkan sistem UKT yang nominalnya dibeda-bedakan ke dalam beberapa golongan.

  1. Fasilitas

Fasilitas yang disediakan oleh PTN biasanya terbilang lengkap. Fasilitas seperti wifi, AC, mushola, perpustakaan, dan ruang terbuka untuk belajar pasti akan selalu ada di PTN. Namun, bukan berarti PTS tidak memiliki fasilitas yang memadai. Biasanya di PTS unggulan memiliki fasilitas lebih baik dan lebih lengkap dibanding  PTN untuk mendukung mahasiswa dalam belajar atau digunakan untuk pengembangan ilmu dan jurusan.

  1. Jurusan dan Fakultas

Sebenarnya ini buka hanya terjadi dalam perbedaan PTN dan PTS saja tetapi perbedaan dari setiap perguruan tinggi, karena setiap universitas memiliki jurusan dan fakultas yang berbeda-beda. Tetapi, perlu diketahui bahwa beberapa PTS memiliki jurusan yang cukup sulit ditemukan di PTN.

Hal ini terjadi terutama pada PTS yang memiliki studi yang cukup spesifik misalnya sekolah perhotelan atau pelayaran. Keadaan ini bisa banget untuk dimanfaatkan terutama kalau kamu memiliki impian yang jurusannya tidak bisa kamu temukan di PTN.

  1. Peluang Kerja

Bicara peluang kerja, tiap perguruan tinggi punya peluang kerja yang beda-beda. Bahkan untuk tiap jurusan bakal berbeda meskipun di kampus yang sama. Baik PTN dan PTS kamu perlu cek betul track record alumni kampus kamu. Apakah mayoritas kariernya bagus atau biasa aja.

Satu hal yang bikin sebuah perguruan tinggi beda dari yang lain adalah faktor kerja sama dengan instansi tertentu. Untuk PTN dan PTS kamu tinggal lihat saja apakah kampus tersebut punya koneksi yang banyak dan baik atau malah sebaliknya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in CAMPUS LIFE