Connect with us

Basketball

Perbanas Bangkit untuk Peringkat Ketiga

Institut Perbanas membawa pulang trofi peringkat ketiga LIMA Basketball Nationals setelah memenangi laga pada Kamis (16/8).

Institut Perbanas membawa pulang trofi peringkat ketiga LIMA Basketball Nationals setelah memenangi laga pada Kamis (16/8). Perbanas membuat comeback dari ketertinggalan di hampir sepanjang laga untuk mengalahkan Universitas Surabaya (Ubaya) di perebutan peringkat ketiga.

Duel tampak berimbang di awal pertandingan. Kedua tim sama-sama membuat selusin poin di lima menit pertama laga di GOR Univ. Airlangga (Unair) Kampus C, Surabaya, ini. Ubaya lalu melesat di lima menit berikutnya dengan 13 poin, meninggalkan Perbanas yang hanya mencetak lima poin tambahan.

Setelah kedudukan 25-17 di kuarter pembuka, Ubaya melaju di kuarter kedua. Mereka bisa melebarkan jarak menjadi 12 poin. Kedudukan 50-38 untuk juara East Java Conference (EJC) ini mengakhiri paruh pertama laga.

Perbanas memanas di paruh kedua. Mereka bisa mempertipis ketertinggalan menjadi enam angka (56-62) di akhir kuarter ketiga.

Peringkat ketiga Greater Jakarta Conference (GJC) ini semakin percaya diri di kuarter penutup. Ubaya masih mmapu memimpin 71-67 di paruh pertama kuarter penutup, tapi kehilangan kendali di akhir pertandingan.

Situasi menjadi rumit buat Ubaya setelah kehilangan tiga pemain yang foul out di laga ini yang merupakan pemain terproduktif mereka di duel ini, yakni Yosua Butar-Butar (7), Felix (13), dan Eko Agung Prabowo (9) yang masing-masing mencetak 22, 20, dan 10 poin. Yosua juga memimpin perolehan Ubaya untuk rebound (7 buah). Alhasil, mereka hanya membuat tiga angka.

Malapetaka itu pun muncul buat wakil kota tuan rumah ini. Perbanas bisa memanfaatkan kepercayaan diri yang melonjak untuk membalikkan keadaan.

Pemain Perbanas, Daud Dharmawan (14), membuat dobel-dobel (18 poin dan 12 rebound) yang memungkinkan timnya mencapai peringkat ketiga. Perbanas tercatat unggul dalam second chance points (14-11), fast break points (10-6), dan poin dari pemain cadangan (16-11).

Perbanas akhirnya pulang ke Jakarta dengan trofi peringkat ketiga setelah membuat comeback berujung kemenangan dramatis, 75-74.

Ubaya pun gagal mengikuti jejak tim putri yang bisa membawa pulang trofi peringkat ketiga. Putra Ubaya juga merupakan runner-up Nationals musim lalu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Basketball