Connect with us

News

Penularan Virus Corona

Mewabahnya Coronavirus Disease (Covid-19) menjadi sebuah peristiwa yang kelam sejak awal 2020. Virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Tiongkok, tersebut membuat semua orang merasa khawatir.

Menurut data dari Pemerintah Daerah Ibukota Jakarta, sebanyak 579 kasus telah terkonfirmasi positif dengan statistik 500 orang dirawat, 30 orang sembuh, dan 49 orang meninggal karena virus corona.

Masyarakat saat ini telah melakukan beberapa antisipasi dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hingga menghindari tempat yang ramai dengan orang. Pemerintah Pusat juga menyarankan agar seluruh masyarakat dapat mendukung program pemerintah dengan berdiam diri di rumah.

Namun, masyarakat juga perlu tahu bagaimana virus corona dapat menyebar. Berikut adalah cara penularan virus corona dari World Health Organization (WHO):

  1. Virus corona tersebar melalui hubungan antarmanusia (orang ke orang) terutama lewat droplet yang berasal dari orang yang menunjukkan gejalanya.

Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang dapat mengandung virus penyakit yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Droplet dapat melewati sampai jarak tertentu (sekitar 1 meter). Droplet tersebut bisa muncul saat orang, yang sedang mengalami gejala atau sakit, berbicara, batuk, atau bersin. Droplet bisa masuk ke dalam mulut atau hidung orang di sekitarnya. Akan tetapi, droplet terlalu berat untuk berpindah jauh di udara. Perpindahan droplet tersebut hanya berkisar hingga satu meter.

  1. Virus dapat berpindah melalui tangan.

Munculnya virus corona membuat kita sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan untuk memutus rantai penularan. Berdasarkan poin nomor satu, droplet dapat mendarat di sebuah benda atau permukaan. Hal tersebut menjadikan tangan sebagai salah satu organ tubuh yang membawa banyak bakteri atau virus.

Oleh karena itu, kita harus mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh sebelum dan sesudah melakukan kegiatan apa pun. Gunakan cairan yang mengandung alkohol atau sabun dan air untuk mencuci tangan Anda. Komposisi yang terkandung dalam alkohol dan sabun akan membunuh semua kuman yang terdapat di tangan.

Hindari juga menyentuh mata, hidung, dan mulut menggunakan tangan. Tangan dapat menyentuh banyak benda dan dapat membawa virus. Ketika tangan terkontaminasi dengan virus, tangan dapat mengirimkan virus kepada mata, hidung, dan mulut. Dengan itu, virus dapat masuk ke dalam tubuh anda dan dapat membuat Anda sakit.

Sumber:

World Health Organization. “How to protect yourself againts COVID-19”. https://www.youtube.com/watch?v=1APwq1df6Mw [online]. (23 April 2020).

Pemerintah Kota Daerah Khusus Ibukota Jakarta. “Jakarta Tanggap COVID-19”. https://corona.jakarta.go.id/id [online]. (23 April 2020).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News