Connect with us

Badminton

Partai Triple, Sebuah Pembeda dari LIMA Badminton dengan Turnamen Lain

Dalam sebuah turnamen bulu tangkis, untuk turnamen yang menggunakan format kelompok atau grup, partai yang dipertandingkan hanyalah dua yaitu tunggal dan ganda. Format tersebut dilaksanakan di turnamen besar seperti Piala Thomas atau Uber yang di mana menggunakan sistem best of five dengan mempertandingkan tiga partai tunggal dan dua partai ganda.

Namun, Liga Mahasiswa (LIMA) sendiri, selaku penyelenggara turnamen olahraga antarmahasiswa, memberikan sesuatu hal yang baru dan berbeda dari turnamen-turnamen lainnya. LIMA dalam perhelatan LIMA Badminton mereka, membuat sebuah terobosan untuk memasukkan partai triple di pertandingan beregu mereka.

Format yang memasukkan partai triple di pertandingan beregu ini sudah berjalan sejak awal mula LIMA Badminton. Jika kita berbicara sejarah, partai triple ini pertama kali dicetuskan oleh Bambang Rudyanto dan partai ini juga sudah diakui oleh Badminton World Federation (BWF).

Penggunaan format partai triple ini tetap berjalan hingga LIMA Badminton Season 8 di awal tahun 2020. Dengan menggunakan sistem best of five, runtutan untuk pertandingan beregu di LIMA Badminton sendiri, yakni dua partai tunggal, dua partai ganda, dan satu partai triple.

Penerapan format partai triple sendiri tentu menjadi daya tarik sendiri bagi para mahasiswa. Banyak dari mahasiswa yang ikut LIMA Badminton sendiri merasa senang dan tertantang dengan adanya partai triple ini. Menurut beberapa mahasiswa, penerapan partai triple sendiri bukan pertama kali mereka mainkan karena penerapan partai triple ini dilangsungkan ketika latihan. Namun, beberapa mahasiswa mengatakan penerapan sistem partai triple di turnamen sendiri adalah hal pertama yang mereka temui.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Badminton