Connect with us

CAMPUS LIFE

Mengenal Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Manfaatnya

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat  oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri darma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sasaran KKN adalah masyarakat umum, sekolah, lembaga/instansi, dan industri atau kelompok usaha tertentu. Biasanya, KKN dilaksanakan tiga kali dalam setahun, yaitu KKN semester ganjil, genap, dan khusus. Program KKN yang dibuat dapat terbagi menjadi program umum seperti peringatan hari besar, pemberdayaan masyarakat, dan program khusus yang terkait tema besar suatu tim KKN. Beberapa tema khusus KKN antara lain seperti pendidikan, pariwisata, sumber daya alam, dan peduli bencana.

Program yang dilaksanakan tiap perguruan tinggi berbeda-beda tergantung pada disiplin ilmu yang terkait serta kebutuhan masyarakat dari daerah yang dituju sebagai tempat pelaksanaan KKN. KKN itu biasa dilakukan oleh mahasiswa semester akhir sebelum melakukan penyusunan skripsi dan ingin melakukan KKN yang sudah dipilihnya.

Contohnya seperti KKN peduli bencana, merupakan salah satu bentuk tanggapan dari kalangan perguruan tinggi terhadap bencana yang sedang terjadi, tema yang diangkat seperti kebencanaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ada juga KKN kebangsaan, merupakan nama dari program KKN yang anggotanya berasal dari universitas yang berbeda, program ini dirintis oleh Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sejak tahun 2013.

Pada intinya, KKN bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang lebih mengahayati kondisi, gerak, dan permasalahan kompleks yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan pembangunan, meningkatkan hubungan dengan Pemerintah daerah, Instansi Teknis, dan masyarakat sehingga dapat lebih berperan dalam menyelesaikan kegiatan pendidikan serta penelitian dengan tuntutan nyata dari masyarakat yang sedang membangun.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in CAMPUS LIFE