Connect with us

CAMPUS LIFE

Mencapai 50 Juta Per Semester! Berikut Kampus Swasta Termahal di Indonesia

Tiap adanya tahun ajaran baru, para lulusan SMA atau sederajat pasti banyak yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi, baik itu negeri maupun swasta. Kamu juga pasti tahu, biaya kuliah itu tiap tahunnya pasti naik, Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat bahwa biaya pendidikan naik 10% hingga 15% per tahun yang disebabkan oleh inflasi.

Jadi, bisa dikatakan kalau biaya kuliah memang tidaklah murah. Bahkan ada sejumlah perguruan tinggi khususnya swasta yang menerapkan biaya kuliah hingga puluhan juta rupiah untuk per semesternya, namun juga diimbangi dengan kualitas pendidikan yang baik tentunya.

Beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) termahal di Indonesia tidak terlepas dari kualitas pendidikan dan fasilitas lengkap yang diberikan. Sehingga kamu perlu menyesuaikan biaya dengan kemampuan yang dimiliki untuk memilih perguruan tinggi yang tepat. Untuk kamu yang ingin merasakan kualitas pembelajaran dengan biaya kuliah yang terbilang mahal, berikut referensinya.

  1. Swiss German University

Salah satu PTS termahal di Indonesia yaitu Swiss German University yang berada di kawasan Alam Sutera, Tangerang dan disponsori oleh Yayasan Swiss German. Kampus bergengsi ini menggabungkan teori dan praktik dalam melaksanakan pembelajaran. Setiap mahasiswa juga diharuskan untuk menyelesaikan program magang yang dilangsungkan di luar negeri, biasanya di Jerman atau Swiss.

Kampus bertaraf internasional ini menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris. Kampus ini juga menggunakan access card untuk masuk di gate way. Juga memiliki fasilitas seperti meeting room, kantin, dan juga fasilitas pendukung belajar seperti laboratorium. Mahasiswa lulusan Swiss German University akan mendapatkan gelar ganda dan juga diakui secara internasional. Tak heran jika UKT yang dibebankan sekitar Rp 24 juta hingga Rp 28 juta per semester.

  1. President University

President University adalah universitas yang berada di daerah Cikarang, President University masuk ke dalam jajaran universitas termahal di Indonesia dengan biaya kuliah mencapai Rp 30 juta per semesternya.

Bagaimana tidak, soalnya kampus yang dimiliki oleh Jababeka ini sudah dikenal dengan pendidikan internasionalnya, mulai dari kurikulum, komunitas multinasional serta sarana yang menunjang aktivitas mahasiswanya seperti kolam renang, lapangan tenis, hingga lapangan golf.

  1. Universitas Trisakti

Siapa yang tidak tahu Universitas Trisakti ketika terjadi peristiwa Tragedi Mei 1998 yang pernah mengguncang bangsa Indonesia. PTS ini menjadi salah satu kampus swasta terkemuka di Indonesia. Kampus yang berdiri sejak 1959 ini memiliki 23 program studi untuk sarjana.

Trisakti juga menyediakan sarana yang sangat lengkap untuk para mahasiswanya, seperti 101 unit laboratorium, 7 studio dan lainnya. Tak heran jika biaya kuliah di Universitas Trisakti sebesar Rp 14,5 juta hingga Rp 32,325 juta per semester.

  1. Universitas Ciputra

Salah satu kampus di Indonesia yang fokus mencetak entrepreneur masa depan ini juga masuk ke deretan universitas dengan biaya kuliah mahal yaitu mulai dari Rp 8,5 juta hingga Rp 36 juta per semester. Fasilitas yang diberikan PTS ini seperti Computer Laboratorium, Culinary Laboratorium, Auditorium, Interior Design Studio, Photography Studio, Library, Student Lounge, Bursa Efek, Tax Center, dan UC Apartment.

Universitas yang berlokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur ini memiliki kurikulum berbasis kewirausahaan yang menyertakan sistem pembelajaran Problem and Project Based Learning (PBL), serta program mentoring dengan praktisi dan ahli bisnis ternama.

  1. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan memang dikenal sebagai salah satu kampus yang memiliki reputasi baik. Sebagai universitas bergengsi di Indonesia, UPH memiliki fasilitas lengkap yang menunjang kesuksesan mahasiswa seperti laboratorium untuk Sound Design & Music Production hingga lapangan olahraga yang bermacam-macam pun ada.

Kampus ini juga dikenal memiliki kurikulum standar internasional.  Untuk bisa menempuh pendidikan di UPH, kamu harus mempersiapkan uang mulai dari Rp 16,5 juta hingga Rp 52,5 juta hanya untuk membayar biaya semesterannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in CAMPUS LIFE