Connect with us

Other Sports

Mahasiswa, Perhatikan Hal Berikut Saat Awal Semester Kuliah!

Saat awal kuliah, kamu pasti sangat antusias dengan ruang lingkup dan sistem pembelajaran yang ada. Apalagi, kamu kuliah di tempat yang sudah kamu idamkan sebelumnya, pasti sangat antusias dengan apa yang disuguhkan tempat kuliah kamu itu. Namun, ada hal-hal yang harus kamu mengerti saat awal-awal kuliah atau pada semester awal.

Semester awal atau pertama adalah langkah awal dari perjuangan panjangmu selama kuliah. Apa yang kamu lakukan di semester pertama kuliah sangatlah berdampak pada  beberapa tahun kedepan selama masa kuliah. Kegiatan selama kuliah dan jurusan yang kamu pilih sekarang, itu sangat berpengaruh pada proses kesuksesan kamu nantinya.

Berikut hal-hal yang harus kamu lakukan dan perhatikan saat di awal-awal semester kamu kuliah:

  1. Kenali Diri Sendiri

Di semester pertama, adalah waktunya untuk menjelajahi dan menggali lebih dalam apa sebenarnya kamu ini. Kelebihan dan kekurangan apa yang ada pada dirimu dan apa sebenernya tujuan hidup kamu. Jika tidak bisa mengenali diri sendiri, kamu akan kesulitan untuk meraih kesuksesan kedepannya.

Kamu harus bisa lebih selektif dengan mengikuti hal apapun, sudah bukan waktunya hanya sekadar ikut-ikutan. Kalau hanya sekadar mencoba itu sangat perlu, karena mungkin dari situ kamu bisa menemukan jati diri-mu. Kamu juga bisa konsultasi dengan ahli psikologi, atau sekadar curhat dengan teman yang siap menerima kegalauan dan curhatmu.

  1. Rajin Masuk Kuliah

Kelihatannya sederhana, tetapi ini cukup jadi masalah bagi sebagian mahasiswa. Walaupun biasanya di beberapa kampus mendapat jatah tidak masuk kelas sebanyak dua atau tiga kali, tetapi tetap saja itu akan berpengaruh dengan tertinggalnya materi pelajaran.

Saat kuliah, kamu merasa sudah bebas dengan gaya belajarmu tanpa pengawasan orang tua yang ketat. Kesadaran kamu untuk rajin masuk kuliah bakal tergoda untuk bolos masuk kelas. Kalau di semester awal saja sudah sering bolos, apalagi di semester akhir nantinya.

  1. Petakan Orang-Orang di Kampus

Sebagai mahasiswa baru, kamu harus mulai memetakan orang-orang yang ada di sekitarmu agar tidak salah pergaulan. Kamu akan dikelilingi banyak orang dari berbagai latar belakang. Kenali juga lingkungan kampus dan dosen. Seperti mana dosen yang  killer dan mana dosen yang santai. Mana teman yang serius kuliah dan mana yang kuliahnya cuman main-main saja. Kamu harus bisa memilih jaringan mana yang terbaik untuk dijaga dan diprioritaskan.

  1. Rencana Setelah Lulus

Setelah lulus apakah ada jaminan kamu bisa langsung mendapat pekerjaan? mungkin agak susah menjawab pertanyaan itu waktu kamu masih di awal semester atau pertama. Namun, kamu tetap harus punya tujuan jangka panjang meskipun masih fleksibel, ini sebagai standing point kesuksesan kamu nantinya.

Jangan sampai menyesal karena terlambat mempersiapkannya. Segera cari-cari info terkait kampus atau perusahaan tujuan kamu setelah. Jangan lupa juga timeline persemester ingin mencapai keberhasilan apa atau ingin melekukan kegiatan apa saja sudah bisa diatur dari sekarang.

  1. Gunakan Sosial Media Sebaik Mungkin

Dengan menggunakan sosial media dengan baik, kamu bisa memulai dengan follow akun info penting untuk kesuksesanmu. Mulailah follow akun yang membagikan tentang info kampus, beasiswa, dan exchange.

Kamu juga bisa mengikuti akun seseorang yang menjadi role model kamu, atau hal-hal yang kamu gemari dan bisa menjadi referensi kegiatan kamu selama libur kuliah atau saat lulus kuliah. Informasi adalah hal sederhana untuk kesuksesanmu, jangan sampai hanya karena telat info jadi alasan kegagalanmu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Other Sports