Connect with us

News

Lima Tips Mencatat Pelajaran Kuliah yang Efektif

Mendengarkan memang salah satu cara agar informasi yang didapat dapat terserap dengan baik di otak. Namun, ada cara lain selain mendengarkan yaitu menulis.

Dengan menulis, kita bisa mengingat apa yang orang bicarakan dan meminimalisir lupa. Kegiatan ini juga diterapkan oleh mahasiswa terutama mahasiswa-mahasiswa yang rajin.

Untuk kalian para mahasiswa yang ingin disayang dosen, berikut adalah lima tips mencatat pelajaran kuliah yang efektif:

  1. Baca silabus pelajarannya dulu!

Menulis catatan bukan hanya sekedar menulis. Mencatat juga dibutuhkan persiapan. Sebelum kalian mencatat, bacalah silabus pelajarannya terlebih dahulu.

Jika kalian belum mempunyai gambaran sama sekali tentang apa yang akan kamu pelajari, tentunya kualitas catatan kamu akan tidak maksimal. Kamu kurang mengerti alur, definisi, dan lebih parahnya lagi, kamu tidak mengerti apa yang kamu catat. Jadi, belajarlah terlebih dahulu!

  1. Tulis tanggal dan judul catatan

Banyak mahasiswa yang lupa dengan hal ini. Padahal, menulis tanggal dan judul catatan itu penting loh.

Kenapa penting? Agar catatanmu semakin rapih, terorganisir, dan mudah untuk dibaca di kemudian nanti.

  1. Gunakan metode mind-map agar lebih mudah dalam menangkap gambaran umum catatanmu

Metode mind-map atau biasa disebut peta konsep adalah metode yang paling sering digunakan oleh mahasiswa. Dengan metode ini, kamu bisa mengerti bagaimana hubungan konsep satu dengan yang lainnya, catatan akan lebih efektif, dan tentunya lebih memudahkan kamu untuk belajar.

  1. Gunakan berbagai macam warna dalam mencatat

Kegiatan ini lebih sering dilakukan oleh mahasiswi karena mereka mempunyai peralatan alat tulis yang sangat lengkap.

Namun, metode ini sangatlah bagus. Pemilihan warna dalam mencatat juga bisa menjadi sebuah pengingat mana tulisan yang penting untuk diingat mana yang tidak. Mainkan imajinasimu dan buatlah catatanmu semenarik dan senyamanmu!

  1. Tulisan tangan lebih efektif daripada menulis di gadget

Seperti yang dilansir oleh salah satu artikel di IDNTimes, tulisan tangan lebih efektif membuatmu lebih mudah mengingat dari pada mencatat di gadget. Jadi, jangan sering-sering mencatat dengan gadget yah! Apalagi hanya foto materinya doang!

Nah berikut adalah lima tips dalam mencatat pelajaran kuliah yang efektif. Tetapi ingat, jangan hanya mencatat saja yah! Kalian juga perlu untuk belajar juga lho!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News