Connect with us

Featured

Lima Sifat Menarik Mengenai Anak Sulung, Mitos Atau Fakta?

Anak sulung atau anak pertama itu memiliki tanggung jawab yang besar atas perilaku dan sikap adik-adiknya. Karena dijadikan contoh kakak yang bisa mengajari adiknya atau tidak. Berbagai anggapan kakak atau anak sulung itu harus mengalah dengan adiknya, anak sulung tidak boleh iri dengan adiknya, dan kalau adik yang salah, anak pertama akan disalahkan juga. Jangan jadi anak sulung, berat, kamu gak akan kuat.

Namun, apakah anggapan atau ajaran orang tua seperti itu bisa dibenarkan? Dan, bagaimana fakta yang sebenarnya dari anak sulung, apakah memiliki jiwa yang besar dengan selalu mengalah dan sabar, atau malah lebih manja dari adik-adiknya. Yuk kita lihat bagaimana fakta dan mitos dari anak sulung ini.

  1. 1. Pemimpin Alami

Anak pertama adalah anak yang terdidik sebagai seorang pemimpin, di sadari atau tidak di dalam kehidupannya anak pertama merupakan panutan untuk adik-adiknya. Jiwa anak kepemimpinan anak pertama muncul karena terbiasa dengan tanggung jawab, seperti misalnya saat anak pertama di minta oleh orang tua untuk menjaga dan mengawasi adik-adiknya.

  1. 2. Bertanggung Jawab

Anak pertama adalah anak yang dilahirkan menjadi orang yang bertanggung jawab, bahkan sifat tanggung jawab itu bukanlah hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk adik-adiknya. Orang tua yang baik adalah orang tua yang memberikan pelajaran pada anak pertama sifat tanggung jawab.

  1. Tegar Tetapi Melankolis

Anak pertama juga dikenal sebagai pribadi yang tegar dan tidak mudah tersentuh. Akan tetapi kalau di balik sikap itu, sulung menyimpan sifat melankolis. Mereka sangat mudah tersentuh, rapuh, dan bahkan cengeng. Tidak banyak yang tahu sebab mereka dikenal sangat pandai menyimpan rahasia termasuk perasaannya.

  1. Hidup Mandiri

Yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, dia terlahir sebagai anak pertama dan sudah pasti terdidik untuk mandiri. Karena dirinya adalah anak tertua dan dalam hidupnya tidak ingin menyusahkan orang tua dan juga adik-adiknya.

  1. Rentan Stres

Terkadang tanggung jawab yang dimiliki anak pertama menjadikannya ingin melakukan setiap tugasnya dengan sempurna, sehingga biasanya rentan akan stres. Orang tua cenderung memberi kewajiban yang lebih besar dan berat bagi kelahiran anak pertama dibanding adik-adiknya. Hal itu kemudian melahirkan sifat tanggung jawab yang tertanam dalam diri si sulung. Pada satu sisi karakter ini berpengaruh baik terhadap hidup anak pertama, tetapi pada sisi lain rentan menimbulkan stres.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Featured