Connect with us

TIPS

Lima Rekomendasi Film yang Bertemakan Fiksi Ilmiah (Sci-Fi)

Film merupakan tontonan yang seru saat kita sedang bosan atau penat terhadap situasi yang itu-itu saja. Dengan rutinitas yang padat serta jenuh akan kegiatan yang selama ini kamu jalani, nonton film bisa membuat diri kamu lebih tenang dan santai.

Apalagi, film yang ditonton bertemakan bagaimana keadaan pada masa depan dengan segala teknologi terbarukannya. Film bertema teknologi masa depan atau biasa disebut bergenre sci-fi seringkali menginspirasi lahirnya berbagai inovasi di industri.

Berikut rekomendasi film yang bertemakan sci-fi yang bisa membuat kamu berangan-angan bagaimana keadaan pada masa depan.

  1. Foxtrot Six(2019)

 

Film Foxtrot Six disebut bergaya film Sci-fi Hollywood yang bertema kekacauan pada masa depan. Ada pemberontakan, rasa humanisme dan tema-tema kecil lainnya.

Film ini berceritakan bagaimana imbas kerusakan pada masa depan tidak hanya melanda negara-negara Amerika atau Eropa. Kekacauan pada masa depan juga terjadi di Indonesia. Salah satunya adalah konflik karena kekacauan bahan pangan yang menipis.

Hal ini menyebabkan terjadinya gerakan resistensi terjadi di masyarakat. Elit partai tertentu dengan masanya dianggap membuat kekacauan memanfaatkan isu krisis pangan. Sementara itu pemerintah menyiapkan pasukan khusus untuk menghadang ini. Semuanya dirancang dengan tujuan-tujuan tertentu.

  1. Her (2013)

Her adalah film drama fiksi ilmiah romantis Amerika Serikat tahun 2013 yang disutradarai oleh Spike Jonze dan diproduseri oleh Spike Jonze, Megan Ellison dan Vincent Landay. Naskah film ini ditulis oleh Spike Jonze. Film ini dibintangi oleh Joaquin Phoenix, Scarlett Johansson, Amy Adams, Rooney Mara dan Olivia Wilde.

Menceritakan bagaimana kekecewaan dengan perceraian yang tertunda dari kekasih masa kecilnya, Catherine (Rooney Mara), Theodore membeli sistem operasi yang dapat berbicara dengan kecerdasan buatan, yang dirancang untuk menyesuaikan diri dan berkembang. Theodore memutuskan bahwa dia menginginkan sistem operasi yang memiliki suara wanita dan sistem operasi tersebut memperkenalkan dirinya sebagai Samantha (Scarlett Johansson).

Theodore terpesona dengan kemampuan Samantha untuk belajar dan tumbuh secara psikologis. Mereka berdiskusi tentang cinta dan kehidupan, seperti penghindaran Theodore untuk menandatangani surat cerai karena dia tidak ingin melepaskan Catherine.

Lambat laun, Theodore merasa jatuh cinta dengan Samantha, sang sistem operasi komputer tersebut. Bagi Theodore, hanya Samantha lah yang memahami semua permasalahan yang dia alami. Namun, Samanta hanyalah sistem operasi komputer yang tidak memiliki bentuk fisik.

  1. Apa Ada Cinta 2045? (2021)

Film garapan Melon Indonesia yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia yang bekerja sama dengan Max Pictures ini direncanakan tayang 24 Juni 2021, yang diperankan oleh beberapa bintang film ternama seperti, Ira Maya Sopha, Ferry Salim, Cinta Brian, Nino Fernandez, Yasmin Napper, dan Indah Kusuma.

Film yang di sutradarai oleh Indra Gunawan ini menceritakan kisah percintaan romansa anak muda yang penuh warna-warni, tetapi juga dipadukan dengan teknologi canggih yang digambarkan akan hadir di Indonesia pada 2045.

  1. Ex Machina (2015)

Ex Machina adalah film fiksi ilmiah independen Britania Raya tahun 2015 yang disutradarai oleh Alex Garland dan diproduseri oleh Andrew Macdonald dan Allon Reich. Naskah film ini ditulis oleh Alex Garland. Film ini dibintangi oleh Domhnall Gleeson, Alicia Vikander, Oscar Isaac dan Sonoya Mizuno.

Programmer Caleb Smith (Domhnall Gleeson), yang bekerja untuk perusahaan mesin pencari yang dominan, Blue Book, memenangkan kontes perkantoran untuk kunjungan seminggu ke rumah CEO yang mewah dan terisolasi, Nathan Bateman (Oscar Isaac). Satu-satunya orang di sana adalah pelayan Nathan, Kyoko (Sonoya Mizuno), yang menurut Nathan tidak dapat berbicara bahasa Inggris.

Nathan telah membangun robot humanoid bernama Ava (Alicia Vikander) dengan kecerdasan buatan. Ava telah lulus uji Turing sederhana. Nathan ingin Caleb menilai apakah Ava benar-benar mampu berpikir dan sadar, dan apakah dia bisa berhubungan dengan Ava meski mengetahui bahwa Ava bukan manusia.

  1. 3: Alif Lam Mim (2015)

3 (juga dikenal sebagai 3: Alif Lam Mim) adalah film laga futuristik pertama di Indonesia yang dirilis pada 1 Oktober 2015 yang bercerita tentang persahabatan, persaudaraan, dan drama keluarga. Pada ajang Festival Film Indonesia 2015, film ini mendapatkan lima nominasi, yaitu Skenario Terbaik (Umbara bersaudara), Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Tanta Ginting), Pemeran Anak Terbaik (Bima Azriel), Tata Suara Terbaik (Khikmawan Santosa dan Novi DRN), serta Efek Visual Terbaik (Sinergy Animation).

Bercerita tentang Alif, Lam, dan Mim yakni tiga sahabat dari satu perguruan silat yang dibesarkan bersama di pedepokan Al-Ikhlas. Alif (Cornelio Sunny) yang lurus dan keras dalam bersikap memilih menjadi aparat negara. Dia bertekad membasmi semua bentuk kejahatan dan mencari para pembunuh kedua orang tuanya. Lam (Abimana Aryasatya) yang sikapnya lebih tenang menjadi seorang jurnalis. Bertujuan untuk menyebarkan kebenaran dan menjadikan dirinya mata dari rakyat. Sementara Mim (Agus Kuncoro) yang bijak memilih mengabdi menjadi pengajar dan menetap di pedepokan. Ketiganya dipertemukan kembali setelah terjadi kekacauan pasca ledakan bom di sebuah cafe.

Film ini merupakan suatu bentuk visualisasi teknologi yang maju, namun terciptanya pergulatan politik yang membutuhkan kambing hitam demi tercapainya kepentingan suatu pihak, sehingga apapun dan siapa pun akan dikorbankan demi tercapainya kepentingan tersebut, termasuk orang-orang yang tidak bersalah, hingga agama dan umatnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TIPS