Connect with us

CAMPUS LIFE

Ketahuilah, Ini Perbedaan Jenjang Diploma dan Sarjana!

Saat ingin memilih lanjut pendidikan ke perguruan tinggi, kamu pasti akan dihadapkan dengan pilihan vokasi atau akademik. Vokasi merupakan pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan diploma satu (D1), diploma dua (D2), diploma tiga (D3), dan diploma empat (D4).

Sedangkan pendidikan akademik merupakan pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan sebagainya yang mencakup program Pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).

Semua jenjang tersebut bisa kamu ambil setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Berbeda dengan jenjang S2 dan S3, karena itu harus menyelesaikan jenjang S1 terlebih dahulu. Sebenarnya apa yang membedakannya dari D1, D2, D3, D4, dan S1?

Berikut perbedaan jenjang antara D1, D2, D3, D4, dan S1:

  1. Diploma Satu (D1)

Masa kuliah di jenjang D1 adalah satu tahun atau dua semester dengan 32 SKS. Tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan berupa kerja praktik dan laporan karya ilmiah. Saat kuliah di jenjang diploma, kamu akan dipersiapkan untuk menguasai suatu kemampuan atau skill tertentu.

Kamu akan dibekali dengan banyak sekali praktik yang bisa digunakan di dunia kerja. Lulusannya akan mendapat gelar A.P atau Ahli Pratama dengan kualifikasi tenaga terampil di dunia kerja dan diharapkan bisa langsung terjun ke dunia kerja.

  1. Diploma Dua (D2)

Hal yang membedakan antara D1 dan D2 adalah dari segi waktu dan juga SKS yang harus kamu selesaikan. Masa kuliah yang harus kamu tempuh di jenjang D2 adalah dua tahun atau empat semester dengan 64 SKS. Sama seperti D1, tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan berupa kerja praktik dan laporan karya ilmiah.

Di jenjang D2 ini kamu akan dibekali dengan lebih banyak praktik dibandingkan teori yang bertujuan untuk mengasah skill. Setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar A.Ma atau Ahli Muda dengan kualifikasi tenaga terampil di dunia kerja yang diharapkan bisa langsung terjun ke dunia kerja.

  1. Diploma Tiga (D3)

Banyak orang yang memilih D3 dibanding latar belakang pendidikan diploma lainnya. Durasi untuk menyelesaikan masa kuliah D3 adalah tiga tahun atau enam semester dengan 112 SKS. Tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan dari jenjang D3 pun tidak jauh berbeda dengan diploma lainnya.

Kamu juga harus menyelesaikan praktik kerja dan juga laporan karya ilmiah. Lulusan dari jenjang D3 akan memiliki gelar A.Md atau Ahli Madya. Saat ini sudah banyak perguruan tinggi yang membuka program pendidikan D3. Jangan heran jika program pendidikan yang satu ini memiliki peminat yang cukup banyak. Sebab, para lulusannya bisa langsung terjun ke dunia kerja.

  1. Diploma Empat (D4)

Diploma empat sering disamakan dengan program sarjana. D4 pun kerap disebut sebagai sarjana terapan, karena untuk menyelesaikan jenjang ini kamu memerlukan waktu sekitar empat tahun dengan menyelesaikan 144 SKS, yang sama seperti sarjana.

Bedanya, dengan pendidikan sarjana atau S1, D4 lebih mempelajari ilmu-ilmu praktik atau ilmu-ilmu terapan. Tugas akhir yang harus dipenuhi pun sama dengan program diploma lainnya, kamu harus menyelesaikan kerja praktik dan juga laporan karya ilmiah. Lulusannya akan mendapatkan gelar S.ST atau Sarjana Sains Terapan.

  1. Strata Satu (S1)

Normalnya, dibutuhkan waktu empat sampai enam tahun dengan 144 hingga 160 SKS untuk lulus dari jenjang S1. Walaupun banyak juga yang menyelesaikannya kurang atau bahkan lebih dari waktu tersebut. Syarat untuk bisa lulus dari jenjang S1 adalah menyelesaikan karya ilmiah yang disebut dengan skripsi. Skripsi biasanya memiliki beban SKS sebanyak enam SKS. Saat kamu lulus dari S1, kamu akan memiliki gelar yang diawali dengan huruf “S” yang berarti Sarjana.

Jenjang S1 biasanya lebih mempelajari hal-hal yang bersifat teoretis. Maka, lulusannya biasanya memiliki keunggulan dalam segi teoretis dibandingkan terapan. Program S1 pun biasanya mempelajari 60 persen teori dan 40 persen praktik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in CAMPUS LIFE