Connect with us

News

Ingatlah Lima Hal Ini agar Kalian Tetap Kuat dalam Menjalani Hidup

Tahun 2020 akan menjadi tahun yang sangat dibenci oleh banyak orang. Bagaimana tidak, kita merasakan pahitnya kehidupan ketika muncul pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) di dunia termasuk Indonesia dan hal tersebut masih kita rasakan hingga saat ini.

Tentunya dengan adanya pandemi Covid-19 tersebut, banyak orang yang harus mengubur keinginan dan impiannya yang seharusnya bisa ia raih di tahun 2020 dan 2021. Banyak orang yang harus kehilangan pekerjaannya, gagal untuk melancarkan pernikahan, dan banyak hal. Segala macam permasalahan tersebut semakin menyiksa karena datang secara bertubi-tubi.

Dengan segala macam masalah yang datang bertubi-tubi di dua tahun ini membuat banyak orang harus merasakan sakit secara fisik dan mental. Berbagai macam cara mereka lakukan untuk bisa tetap kuat menjalani hidup, mulai dari yang positif hingga yang negatif.

Namun, seperti kata The Beatles dalam lagunya berjudul Ob-La-Di, Ob-La-Da, ‘ob-la-di, ob-la-da, life goes on,’ kehidupan harus tetap berjalan. Sesulit apapun, seburuk apapun, kehidupan akan terus berjalan dan manusia akan tetap menjalani kehidupannya.

Untuk kalian yang sudah hampir menyerah dalam hidup, cobalah ingat beberapa hal ini agar tetap waras.

  1. Terapkan ‘masuk kuping kanan, keluar kuping kiri’ dalam kehidupan

Tidak semua orang kuat dalam menjalani hidup terutama ketika mendengar omongan orang lain tentang dirinya. Banyak orang yang mendengar dan memasukkan ke dalam hati omongan orang lain terutama hal-hal yang negatif mengenai pribadinya. Hal tersebut membuat omongan orang lain sangatlah berdampak bagi mental kita.

Namun, ingatlah, sehebat apapun kehidupanmu, setinggi apapun kariermu, sebaik apapun asmaramu, dan sekeren apapun kamu, kamu tidak perlu mendengarkan omongan orang lain. Kalian dan mereka adalah pribadi yang berbeda. Jadi, jangan pernah dengarkan dan terapkan ‘masuk kuping kanan, keluar kuping kiri.

  1. Berliburlah!

Tekanan pekerjaan dan banyaknya permasalahan di luar perihal keluarga, asmara, dan lain-lain, seringkali disepelekan. Mereka yang tetap bertahan dengan menerima semua itu mayoritas berdalih atas nama kebutuhan.

Satu hal yang bisa kalian lakukan: berlibur! Jangan paksakan dirimu untuk menopang semua beban itu. Lepaskan dan carilah kesibukan lain yang tentunya membuat dirimu senang.

  1. Saat pikiran terasa banyak, ingatlah bahwa 90% dari pikiran tersebut tidaklah menjadi kenyataan

Menenangkan pikiran adalah sebuah kegiatan yang mudah untuk disebutkan namun sulit untuk dilakukan. Terkadang kita bisa berpikiran hal-hal belum terjadi di depan. Namun, sejatinya, kita tidak perlu memikirkan hal tersebut. Lepaskan pikiran-pikiran negatif tersebut dan ubahlah menjadi positif. Jika tidak bisa melakukan sendiri, cobalah cari bantuan kepada psikolog dan psikiater.

  1. Sejatuh apapun keadaan yang menimpamu, jangan pernah tempatkan dirimu sebagai pusat alam semesta

Kehidupan memang tidak bisa ditebak. Apapun yang terjadi besok tidak bisa kita prediksi karena manusia tidak memiliki kemampuan tersebut. Kalian tidak memilih atau menentukan apakah hidup kalian akan menyenangkan atau menyedihkan.

Namun, jika kalian mengalami hari yang buruk, cobalah untuk bersedih secukupnya. Jangan pernah untuk memosisikan diri kalian sebagai pusat alam semesta. Jangan pernah sekalipun kalian menganggap diri kalian adalah orang yang paling sial karena Tuhan tidak pernah memberikan cobaan kepada hambanya lebih dari kemampuannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News