Connect with us

CAMPUS LIFE

Fakta Binus, Kampus yang Kerja Sama dengan Apple

Universitas Bina Nusantara atau yang sering dikenal Binus University merupakan salah satu kampus ternama yang ada di Indonesia. Kampus yang menawarkan pendidikan berkelas dunia dan kurikulum terkini tersebut banyak dilirik oleh para calon mahasiswa/i. Kenapa Binus menjadi kampus incaran banyak orang? Yuk, simak lima fakta Binus berikut ini.

  1. Salah satu kampus terbaik di Indonesia

Pada 2018, Binus University mendapat predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta No. 1 di Indonesia menurut 4ICU (4 International Colleges & Universities). Kualitas pendidikan di kampus ini juga mendapat pengakuan internasional. Binus menempati posisi 801-1.000 dalam Quacquarelli Symonds World University Rankings 2021 dan mengalahkan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Pada peringkat tersebut, Binus menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang masuk dalam Top 8 Indonesian University. Binus University menyediakan berbagai program, mulai dari sarjana, baik nasional maupun internasional, hingga doktor.

  1. Universitas pertama di Indonesia dan Asia Pasifik yang bekerjasama dengan Apple Developer Academy

Developer Academy merupakan sekolah khusus yang bertujuan untuk menginspirasi dan melatih pengembangan aplikasi masa depan untuk sistem operasi mobile paling canggih di dunia. Di dunia hanya ada tiga Apple Developer Academy, yaitu di Brasil, Italia, dan Indonesia.

Pada 2017, Apple menggandeng Binus University yang berlokasi di Alam Sutera untuk menjalankan iOS Foundation Program. Program tersebut merupakan pemanasan sebelum Apple membuka pusat riset dan inovasi di Indonesia. Beberapa mahasiswa Binus Internasional telah bergabung dalam program tersebut. Mereka dipilih berdasarkan standar kualifikasi yang ditetapkan.

Mahasiswa Binus Internasional tersebut diajarkan cara membuat aplikasi serta mengembangkan produknya agar bisa diterima masyarakat. Apple juga menyediakan beberapa unit MacBook dan iPhone 7 untuk mahasiswa Binus, mentor dalam program ini juga didatangkan langsung dari kantor pusat Apple di California, Amerika Serikat, lho.

Selain itu, salah satu mahasiswa Binus jurusan Computer Science, Andika Leonardo, menjadi mahasiswa Indonesia pertama yang mendapatkan beasiswa dari Apple dan diberi kesempatan untuk mengunjungi Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) di San Jose, USA.

  1. Pelopor pengembangan program Mobile Application and Technology, Game Application and Technology, dan Cyber Security

Binus University merupakan pelopor tiga program studi bidang komputer dan teknologi, yaitu Mobile Application and Technology, Game Application and Technology, dan Cyber Security.

Mobile Application and Technology merupakan program studi yang mempelajari bagaimana menciptakan dan mengembangkan aplikasi dan teknologi terapan di bidang mobile technology untuk berbagai macam platform dan sistem operasi. Prospek kerja lulusan program studi tersebut adalah Pengembang Aplikasi Android/Ios, Mobile Programmer, Mobile User Experience Engineer, Mobile Game/Application Design, dan Mobile Game/Application Developer.

Game Application and Technology mempelajari bagaimana proses sebuah game diciptakan dan dimainkan oleh orang lain. Jika kalian mengambil jurusan ini, ke depannya kalian bisa mendapat prospek kerja sebagai Desainer Video Game, Engineer/Developer Game, Technical Artist, Director/Chief Technology Officer Content Provider, dan Consultant Publisher.

Cyber Security mempelajari cara melindungi berbagai industri dan pemerintah dari serangan yang ada di dunia siber (cyber attack). Lulusan program studi ini bisa bekerja sebagai Cyber Security Analyst, IT Security Consultant, Network Security Administrator, Network Forensics dan Software Security Developer.

  1. Binus punya sistem pendidikan yang inovatif

Binus University menyajikan sistem pendidikan yang berbeda daripada kampus lain. Program tersebut dikenal sebagai (2+1)+1. Artinya, mahasiswa harus belajar di kampus Binus asal selama dua tahun dan lanjut berkuliah di kampus Binus kota lain selama satu tahun, kemudian satu tahun lagi program enrichment, yaitu program untuk mahasiswa/i yang nantinya akan dipersiapkan dan dibina dalam membangun konsep dan eksekusi bisnisnya. Program tiga tahun kuliah dan satu tahun enrichment ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengalaman nyata untuk menjadi pengusaha melalui bisnis rintisan.

  1. Binus sudah mendapat banyak penghargaan

Dengan berbagai program inovatifnya, tidak heran jika Binus University sudah mendapat berbagai prestasi dan mencetak banyak lulusan berkualitas. Berikut beberapa prestasi Binus University:

  • Binus University masuk deretan perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara.
  • Institusi kampus yang mendapat kepercayaan Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai institusi yang bebas narkoba, baik di kalangan siswa, mahasiswa, maupun karyawannya.
  • Binus University menerima Padma Mitra Award 2017 Tingkat Provinsi DKI Jakarta untuk kategori Peduli Kemiskinan.
  • Program Studi Hotel Management Binus berhasil mendapat akreditasi internasional TedQual dari The World Tourism Organization (UNWTO), sekaligus menjadi universitas swasta pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan akreditasi tersebut.
  • Bina Nusantara Group mendapatkan penghargaan sebagai salah satu tempat kerja idaman karyawan dalam ajang “Indonesian Employers of Choice 2017” yg diadakan oleh SWA.
  • Mahasiswa Binus masuk “30 Under 30 Asia” Forbes 2018.
  • Binus University menyandang predikat Emerging Industry Leader di bidang Pendidikan dan Bronze Award kategori Best Score Growth Achievement Award, Indonesian Quality Award
  • Binus University mendapatkan penghargaan MAKE (Most Admire Knowledge Enterprise) Award sejak 2012, dan masuk dalam Top 10 Asia Award.
  • Bina Nusantara mendapatkan penghargaan “Best Companies To Work For in ASIA 2017”.

Itulah beberapa fakta Binus University. Untuk calon mahasiswa/i, apakah kalian tertarik kuliah di Binus University?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in CAMPUS LIFE