Connect with us

LIMA Basketball: Kaskus CJYC Season 7

Dua Kampus Akan Melaju ke Semifinal

Udinus Juara Pul X

Semarang – Penyisihan fase grup terakhir putri LIMA Basketball: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7 diawali dengan kemenangan tipis Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) atas Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) pada Sabtu (13/7) di Universitas Katolik Soegijapranata (Unika Soegijapranata). Dua pemain UAJY menonjol di pertandingan ini.

Udinus unggul 9-5 di kuarter pertama. Kampus yang berada di Semarang tersebut memimpin pertandingan hingga kuarter kedua dengan 18-11. Kuarter ketiga diakhiri dengan skor imbang 21-21 antara kedua kampus tersebut. Di menit awal kuarter keempat, Udinus berhasil unggul kembali dan mengakhiri persaingan setelah skor tipis 30-25.

Pemain Udinus, Sofiana Widi Astuti, yang menjadi pencetak skor terbanyak di pertandingan sebelumnya juga menyumbang poin lagi di laga ini. Dari 30 poin yang dihasilkan, Sofiana mengumpulkan 10 poin untuk kampusnya. Selain poin, ada juga pencetak rebound terbanyak, yaitu Lady Dita Aditiya. Pemain yang bernomor punggung 7 tersebut melakukan sembilan rebound dengan empat kali offensive rebound dan lima kali defensive rebound.

Pelatih Udinus, Yan Novi juga mengakui keunggulan Sofiana dan Lady. “Keunggulan kami mungkin didapatkan karena latihan dan persiapan kami yang lebih matang. Kemampuan para pemain kami juga rata, hanya saja ada dua pemain yang lebih menonjol, yaitu Sofiana dan Lady, ” ujar Novi.

“Semoga kami juga bisa masuk ke final setelah bertanding di semifinal nanti,” tambahnya.

Dengan hasil tersebut, Udinus menjadi juara Pul X dan akan melaju ke semifinal untuk berhadapan dengan runner-up terbaik, Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada Senin (15/7).

Undip Siap Hadapi Semifinal

Sports Hall Unika Soegijapranata meriah saat putri Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berhadapan dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Undip memenangi pertandingan lewat lima pemainnya yang mencetak angka.

Skor imbang terjadi di lima menit awal kompetisi. Namun, Undip unggul lebih dulu dan mengakhiri kuarter pertama dengan skor 13-6. Di kuarter kedua, selisih menjadi sembilan poin antara keduanya. Di kuarter ketiga Undip menambah 12 poin. Kuarter ketiga ditutup dengan skor 38-25 dan pertandingan berakhir dengan kemenangan Undip di skor 48-33.

Florence Kharisma, yang pernah mencetak poin banyak di laga sebelumnya melawan USM, kini juga menorehkan angka terbanyak bersama Nanda Bunga Harum Lestari. Kedua pemain Undip tersebut sama-sama mengumpulkan 13 angka. Pemain lainnya, Langgeng Putri Melinda menyumbang 11 poin untuk kampusnya. Dua pemain Undip yang mencetak angka adalah Novita Margahayu dengan tujuh poin dan Yolanda Shafira empat poin. Novita sekaligus menjadi pemain dengan efisiensi tertinggi, yaitu 22.

“Strategi kami di pertandingan tadi berjalan dengan bagus karena para pemain melakukan instruksi dengan baik. Sejak awal, mereka tidak memberikan kemudahan lawan untuk menyerang. Kemenangan ini juga sudah kami prediksi, karena tahun lalu kami pernah melawan UGM juga dan kalah. Jadi setelah kekalahan tersebut, saya mempelajari kekurangan lawan,” ucap pelatih Undip, Eko Widodo.

“Untuk melawan tuan rumah nanti, kami hanya akan bermain sesuai dengan kemampuan para pemain,” tambah Eko.

Hasil tersebut membuat tim asuhan Eko Widodo menjadi pemenang Pul Y dan akan melawan juara Pul Z di babak semifinal pada Senin (15/7).

Meski Menang, UNS Gugur di Fase Grup

Babak penyisihan fase grup putri diakhiri dengan pertandingan Pul Z antara Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. UNS memenangi laga dengan skor telak. Salah satu pemain mereka sukses mencetak skor yang cukup banyak untuk UNS.

UNS mengawali kuarter pertama dengan 15 poin saat UII belum mampu mencetak angka hingga kuarter kedua. Setelah memimpin pertandingan 30-0 di kuarter kedua, UNS mengubah poin menjadi 36-6 di kuarter ketiga. Enam poin yang dicetak putri UII bertahan hingga akhir. UNS menutup pertandingan setelah skor 44-6.

Pebasket UNS, Dina Ayu Tria Saputri mengantungi angka untuk kampusya sebanyak 14 poin dari 44 poin yang ditorehkan UII. Ia juga melakukan lima kali rebound dan lima kali steal dalam pertandingan melawan UII ini. Selain Dina, Jisinta Pradhita Ramadhani mencetak 10 poin untuk UNS dengan efisiensi 17.

“Memang ada sedikit kesalahan non-teknis. Seharusnya hari ini kami mencetak poin yang banyak. Namun, sepertinya para pemain kurang fokus sehingga belum mampu mencetak banyak angka,” ucap Lusia Puspita Sari, pelatih UNS.

“Kami akan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk kompetisi LIMA tahun depan,” tambahnya.

Sayangnya, dengan kemenangan tersebut UNS masih belum bisa melaju ke semifinal karena kurangnya jumlah poin yang didapat dan juara Pul Z diisi oleh tuan rumah, Unika Soegijapranata.

LIMA Basketball: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7 tidak hanya berisi tentang pertandingan

Banyak hal menarik yang akan hadir dan hadiah-hadiah menarik dari LIMA. Datang dan saksikan keseruannya di Sport Hall Unika Soegijapranata hingga 16 Juli mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Basketball: Kaskus CJYC Season 7