Connect with us

LIMA Basketball: McDonald's EJC Season 7

Dua Derbi Loloskan Unair dan UB

Malang – Babak penyisihan fase grup LIMA Basketball: McDonald’s East Java Conference Season 7 telah usai. Dua tim dari Surabaya memenangi pertandingan yang digelar di Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) pada Senin (29/7) untuk melangkah ke empat besar.

Pertandingan pertama diisi oleh derbi Surabaya Pul B, Universitas Airlangga (Unair) melawan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kedua tim sama-sama memiliki pertahanan yang kuat di menit awal. Tembakan tiga poin yang dibuat Renhard H. Silitonga membuat keunggulan untuk Unair di kuarter pertama. Mereka semakin memperlebar jarak di kuarter-kuarter selanjutnya.

ITS terus mencoba menekan pertahanan lawannya di kuarter kedua. Namun, seringnya turnover membuat Renhard dkk. dapat mencuri poin. Unair terus menyerang, terutama dengan tembakan tiga poin di kuarter ketiga. Keunggulan mereka bertahan hingga laga usai dengan skor 66-39.

Di laga berikutnya, tergelar derbi Malang di Pul C. Universitas Brawijaya (UB) menundukkan lawannya, Universitas Ma Chung.

Ma Chung unggul lebih dulu di menit awal lewat lemparan tiga angka. UB membalikkan keadaan dan melebarkan jarak poin lewat penetrasi ke pertahanan rivalnya di kuarter awal. Mereka menekan pertahanan Ma Chung di kuarter selanjutnya dan kuarter kedua berakhir dengan kemenangan UB di skor 32-17.

Memasuki kuarter keempat Ma Chung mencoba menerapkan strategi full court press. Namun, pertahanan UB besutan Sugiharto Cahyadi belum mampu ditembus lawan. Ma Chung terus mencoba hingga laga berakhir sebelum akhirnya pertandingan ditutup dengan kemenangan UB di skor 64-28.

Kedua hasil pertandingan tersebut membuat Unair dan UB menempati puncak klasemen masing-masing dan melaju ke semifinal yang akan dilaksanakan pada Selasa (30/7).

“Alhamdulillah kami masuk ke semifinal. Sama seperti putra, tim putri juga melakukan instruksi dengan baik. Tetapi, kami belum tenang karena target kami masuk final. Semoga para pemain bisa fokus dan memenangi pertandingan besok,” kata pelatih Unair, Aries Herman.

Sementara pelatih UB, Sugiharto Cahyadi, mengaku sudah mencapai target musim ini. Ia mengatakan, “Mereka sudah bermain dengan baik. Namun, saya masih kurang puas dengan permainan mereka hari ini. Sebenarnya tujuan saya untuk masuk empat besar sudah tercapai. Jadi, karena sudah masuk ke semifinal, kami akan mencoba memaksimalkannya untuk mencapai final.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Basketball: McDonald's EJC Season 7