Connect with us

News

Dimulai Tahun Ini, Vokasi ITS Terima Mahasiswa Baru lewat LTMPT

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi membuat kebijakan baru perihal sarjana terapan atau vokasi resmi pada penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021. Dengan adanya kebijakan terbaru ini, sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, membuka jurusan vokasi, tak terkecuali Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Jalur penerima sarjana terapan ini akan mengikuti mekanisme jalur penerimaan mahasiswa baru untuk program sarjana. Seperti yang dilansir dalam situs resmi ITS, Direktur Pendidikan ITS, Dr. Siti Machmudah, ST., M.Eng., menuturkan persentase ketiga jalur yang akan dibuka untuk program sarjana terapan ini.

Untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), ITS akan memberikan kuota sebesar 20 persen. Sedangkan untuk Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) akan memberikan kuota sebesar 30 persen dan untuk jalur terakhir yaitu Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) akan mengisi sisanya yaitu 50 persen.

Untuk kalian yang ingin mencoba jalur ini, kalian harus mengetahui kriteria apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar sarjana terapan atau vokasi resmi ini. Program studi Fakultas Vokasi (FV) ITS ini hanya menerima peserta lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) dengan jurusan yang relevan dengan program studi yang dituju.

Adapun FV ITS yang akan dibuka adalah Teknologi Rekayasa Manufaktur, Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air, Teknologi Rekayasa Konversi Energi, Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan, Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Rekayasa Teknologi Instrumentasi, Teknologi Rekayasa Otomasi, dan Statistika Bisnis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News