Connect with us

I am a Student Athlete

Besar di Keluarga Atlet

Pepatah “buah tidak jatuh jauh dari pohonnya” tampak terlihat dalam keluarga Valerie Fradela, student athlete Universitas Esa Unggul (UEU) Jakarta. Ia lahir, tinggal, dan besar dalam keluarga atlet.

Pemain yang kerap dipanggil Vale ini mengenal olahraga basket sejak duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 5. Ia mulai menyukai olahraga basket dari kakak-kakaknya yang semuanya adalah atlet basket. Karena pengaruh kakak-kakaknya itu, ia pun mulai masuk ke ranah basket dan ikut ke klub basket pertamanya, yakni Indonesia Muda Basketball.

“Ketika saya duduk di bangku Sekolah Dasar, semua kakak-kakak saya bermain basket. Maka dari itu, saya pun jadi suka dengan basket. Ketika duduk di bangku SD, saya mengikuti ekstrakurikuler basket. Setelah itu, saya mengikuti jejak kakak pertama saya untuk masuk ke salah satu klub basket bernama Indonesia Muda,” ungkapnya.

Ketertarikannya terhadap dunia olahraga tidak hanya datang dari ketiga kakaknya yang kesemuanya menjadi atlet basket, tapi juga dari kedua orang tua mereka. Kedua orang tua Vale merupakan atlet voli. Jadi, tidak mengherankan bila semua anak mereka, termasuk Vale, pun menyukai olahraga.

Student athlete yang mengambil jurusan Ilmu Komunikasi di UEU tersebut merasa sangat berterima kasih kepada keluarganya yang selalu membantu dan mengenalkannya kepada dunia basket. Berkat basket, ia berhasil mendapatkan berbagai macam prestasi dan berkesempatan untuk bisa bermain basket di luar negeri.

“Sebagai anak yang paling kecil, senang rasanya karena hobi saya, yaitu basket, didukung penuh oleh seluruh anggota keluarga. Mereka juga mengajarkan saya bagaimana cara bermain basket yang baik dan benar karena mereka memiliki lebih banyak pengalaman daripada saya,” katanya.

“Saya jatuh cinta kepada basket. Karena basket, saya bisa mendapatkan banyak sekali teman. Karena basket pula, saya mendapatkan kesempatan untuk membawa nama klub saya bermain di Asia Pacific Youth Basketball Cup di Singapura pada 2014 dan 2016. Saya tidak akan pernah meninggalkan basket karena basket adalah segalanya bagi saya,” tambahnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in I am a Student Athlete