Connect with us

LIMA Esports

Bella, Perempuan yang Ingin Berkarier di Dunia Esports

Dahulu permainan daring (game online) hanya sebagai tempat orang-orang bersenang-senang. Namun, setelah game online mulai dipandang dan beberapa game termasuk ke dalam olahraga elektronik (electronic sports/esports), hal ini menjadi ladang karier terbaru. Karier di dunia yang sangat lekat dengan laki-laki ini menjadi impian dari salah satu mahasiswa perempuan dari Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Jakarta, Bella Aryaria.

Keinginan untuk memiliki karier di dunia esports ia dapatkan ketika ia mengenal game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) Mobile Legends: Bang Bang pada tahun 2017. Kala itu, ia yang menempuh pendidikan di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) melihat teman-temannya bermain game tersebut dan ia mencobanya juga.

Bella langsung menyukai game tersebut dan mulai mempelajari bagaimana cara bermain yang benar. Alasan Bella sangat menyenangi permainan Mobile Legends: Bang Bang tersebut karena dari game tersebut ia mampu mendapatkan banyak teman dan ia belajar strategi. Meskipun begitu, sebagai pemain perempuan, ia kerap digoda oleh orang yang tidak ia kenal.

“Saya sering mendapatkan stigma negatif bahwa perempuan tidak bisa bermain game online terutama game dengan strategi seperti Mobile Legends: Bang Bang. Karena hal tersebut, beberapa kali saya merasa takut untuk bermain dengan teman-teman saya. Akan tetapi, saya beruntung memiliki teman-teman yang tidak memperlakukan saya seperti itu,” katanya.

“Saya juga beberapa kali digoda laki-laki di dalam game. Tidak hanya itu, saya dianggap pembohong,  bahwa saya sebenarnya adalah laki-laki. Namun, hal-hal seperti itu saya hiraukan saja,” tambahnya.

Kesenangannya terhadap Mobile Legends: Bang Bang membuat mahasiswi yang saat ini menempuh pendidikan di jurusan Psikologi tersebut berhasil menjadi bagian dari tim esports Unika Atma Jaya. Tidak hanya itu, pemain yang berposisi sebagai supports tersebut juga akan bermain di LIMA Esports yang akan diselenggarakan tahun ini. Ia berharap dapat memberikan yang terbaik bagi kampus tercinta dengan meraih gelar di ajang ini.

Pemain yang memiliki nickname bizzles tersebut berharap bahwa kesenangannya terhadap game ini menjadi batu loncatan bagi dirinya untuk menempuh karier di dunia esports. Bella mengatakan, “Saya ingin bekerja di dunia yang saya senangi saat ini, yakni esports. Saya yakin bahwa mayoritas orang ingin bekerja sesuai dengan apa yang ia inginkan, tak terkecuali saya. Dengan keinginan untuk bekerja di dunia esports ini, saya berharap mampu menghilangkan stereotipe yang mengatakan bahwa perempuan tidak bisa bermain game online. Perempuan bisa besar di game online dan bahkan berkarier di ranah ini.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Esports