Connect with us

News

Bangga!! Berikut Atlet Badminton Indonesia Peraih Medali Emas di Olimpiade

Baru saja atlet badminton asal Indonesia yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu di nomor ganda putri berhasil meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Mereka berhasil mendapatkan medali emas setelah  mengalahkan ganda putri asal China yakni Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Partai final yang berlangsung di Lapangan 1 Musashino Forest Sport Plaza, Senin (2/8/2021). Pertandingan final ini langsung dimenangkan dua set langsung langsung atas Chen/Jia 21-19, 21-15. Berkat kemenangan itu, Greysia/Apriyani mencetak sejarah sebagai ganda putri Indonesia pertama yang merebut emas di ajang Olimpiade.

 Jauh sebelum Greysia/Apriyani, ternyata sudah ada, lho beberapa atlet badminton Indonesia yang menyabet medali emas Olimpiade. Indonesia sendiri punya rejam jejak bagus di cabang olahraga (cabor) bulu tangkis. Hingga kini, total atlet bulu tangkis Indonesia sudah menyumbangkan 8 emas, 13 perak, dan 13 perunggu dari cabor tersebut.

  1. Susy Susanti – Olimpiade Barcelona, 1992

Sejarah tercipta di Olimpiade Barcelona 1992, di mana pemain tunggal putri Susy Susanti, akhirnya berhasil mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia dari ajang Olimpiade. Susy meraih medali emas setelah mengalahkan Bang Soo-hyun (Korea), lewat pertarungan tiga game dengan skor 5-11, 11-5, 11-3.

  1. Alan Budikusuma – Olimpiade Barcelona, 1992

Menyempurnakan kemenangan Susy, Alan Budikusuma juga berhasil meraih medali emas di Olimpiade Barcelona, 1992. Alan mengalahkan rekan senegaranya, Ardy B Wiranata, di babak final. Alan-Susy kemudian dikenal sebagai pasangan pengantin, karena saat itu berstatus pacaran dan sama-sama berhasil meraih podium tertinggi di Olimpiade.

  1. Rexy Mainaky/Ricky Subagja – Olimpiade Atlanta, 1996

Pada penyelenggaraan Olimpiade Atlanta 1996, tim badminton Indonesia kembali sukses mempersembahkan medali emas. Kali ini melalui ganda putra Rexy Mainaky/Ricky Soebagdja. Di babak final, Rexy/Ricky mengalahkan Cheah Soon Kit/Yap Kim Hock (Malaysia), lewat perjuangan tiga game, 5-15, 15-13, 15-12.

  1. Tony Gunawan/Candra Wijaya – Olimpiade Sydney, 2000

Tradisi emas badminton Indonesia berhasil diteruskan oleh ganda putra, Tony Gunawan/Candra Wijaya pada Olimpiade Sydney di tahun 2000. Tony/Candra sukses membawa pulang medali emas, setelah mengalahkan pasangan Korea, Lee Dong-soo/Yoo Yong-sung.

  1. Taufik Hidayat – Olimpiade Athena, 2004

Pemain tunggal putra, Taufik Hidayat mempersembahkan medali emas kelima buat Indonesia dari cabang olahraga badminton. Saat itu, Taufik mengalahkan Shon Seung-mo (Korea) di babak final dan mengamankan podium tertinggi di Olimpiade. Medali emas Taufik merupakan yang kedua dari sektor tunggal putra setelah sebelumnya dari Alan Budikusuma di Olimpiade Barcelona 1992.

  1. Hendra Setiawan/Markis Kido – Olimpiade Beijing, 2008

Ganda putra tercatat sebagai sektor yang paling banyak mempersembahkan medali emas Olimpiade buat Indonesia. Setelah Rexy Mainaky/Ricky Soebagdja dan Tony Gunawan/Candra Wijaya, giliran Hendra Setiawan/Markis Kido yang berhasil menyumbang medali emas. Hendra/Kido meraih medali emas di Olimpiade Beijing 2008 dengan mengalahkan tuan rumah Cai Yun/Fu Haifeng.

  1. Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad – Olimpiade Rio de Janeiro, 2016

Pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi ganda campuran pertama yang menyumbangkan medali emas Olimpiade untuk Indonesia. Pada penyelenggaraan Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Tontowi/Liliyana sukses menjadi yang terbaik dan membawa medali emas. Di babak final, Tontowi/Liliyana mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia) dua game langsung 21-14, 21-12.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News