Connect with us

News

Atasi Pandemi, Pemerintah Wuhan Kembali Buka Sekolah

 

Wuhan, tempat awal virus Coronavirus Disease (Covid-19) tersebar, kembali membuka seluruh sekolah dan taman kanak-kanak pada Selasa, 1 September 2020.

Seperti yang dilansir oleh Reuters, pembukaan kembali seluruh instansi pendidikan tersebut diumumkan oleh pemerintah Wuhan pada Jumat, 29 Agustus 2020. Sebanyak 2.842 institusi pendidikan di seluruh kota Wuhan akan terbuka untuk hampir 1,4 juta pelajarnya.

Kebijakan pemerintah Wuhan untuk kembali membuka sekolah juga berbarengan dengan peraturan bagi siswa yang ingin kembali ke sekolah mereka. Pemerintah mewajibkan setiap individu yang akan beraktivitas di sekolah untuk memakai masker dan menghindari transportasi umum jika memungkinkan. Tidak hanya itu, pemerintah juga mempersiapkan rencana darurat untuk kembali ke metode pembelajaran dalam jaringan (daring) jika tingkat risiko yang ditimbulkan oleh kebijakan ini meningkat seperti yang dilansir oleh Reuters.

Selain peraturan tersebut, pemerintah juga mewajibkan kepada pihak sekolah untuk membatasi pertemuan massal yang tidak diperlukan serta memberikan laporan harian kepada otoritas kesehatan di Wuhan. Siswa dan guru dari luar negeri yang belum mendapatkan izin atau pemberitahuan dari pihak sekolah tidak akan diizinkan untuk kembali ke sekolah.

Berbagai peraturan yang diterapkan oleh pemerintah Wuhan untuk pembukaan sekolah ini dilandaskan oleh berbagai macam aspek yang terjadi di Wuhan dalam penanganan Covid-19. Sebelum peraturan untuk membuka kembali sekolah, Wuhan telah dikarantina selama lebih dari dua bulan terhitung Januari. Sejak bulan Mei, Wuhan belum mencatatkan kasus baru karena Covid-19.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News