Connect with us

Featured

Inner Strength: Hadapi Perundungan dengan Senyuman

Mas Eko Prastowo Ginia merupakan salah satu student-athlete dari tim debutan di LIMA Football: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference Season 7, Universitas Kristen Indonesia (UKI). Dengan postur tubuhnya dan penampilannya, ia sering mengalami perundungan (bullying), baik tentang warna kulit maupun permainan sepak bolanya. Namun, ia menepis omongan buruk berkat kekuatan di dalam dirinya.

“Postur saya tidak terlalu tinggi. Jadi, terkadang dihina oleh pemain-pemain yang lebih besar. Di setiap pertandingan pasti selalu ada bully-an untuk saya,” ungkap Eko.

Saking seringnya, kini menerima omongan buruk menjadi hal biasa bagi Eko. Namun, ia mampu menghadapi hal tersebut dan menjadi orang yang lebih kuat. Apabila ada orang yang berbicara keburukannya, student-athlete kelahiran Jayapura ini akan membalasnya dengan senyuman. “Saat pertama kali di-bully memang kesal. Akan tetapi, semakin lama menjadi terbiasa, dan omongan tersebut tidak saya resapi dengan hati. Jadi, hanya masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri,” tambahnya.

Pengalamannya menerima perundungan membuatnya ingin bangkit dan menunjukkan diri lewat kemampuannya. Omongan buruk tersebut justru ia jadikan pelajaran untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

Ketika merasa terjatuh, ia selalu mengingat orang tuanya. Hidup jauh dari orang tua dan menerima cacian bukan perkara mudah. Namun, dengan inner strength yang ada di dalam dirinya Eko mampu melewatinya.

Mengikuti kompetisi Liga Mahasiswa untuk pertama kali juga menjadi ajang pembuktian sekaligus melatih mentalnya. Ia mengatakan, “Dengan ikut kompetisi LIMA, saya bisa menyalurkan hobi dan mengembangkan kemampuan. Selain itu, kompetisi ini juga bisa melatih mental saya.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Featured