Connect with us

LIMA Basketball: McDonald's EJC Season 7

Review Umum Tim Putri LIMA Basketball EJC Hari Kedua

Unair Tepis Perlawanan Unmer

Persaingan Pul Y antara Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Universitas Merdeka Malang (Unmer) mengawali kompetisi sektor putri LIMA Basketball: McDonald’s East Java Conference Season 7 pada hari kedua, Kamis (25/7). Unair menepis perlawanan Unmer dengan skor telak di kompetisi yang digelar di UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang tersebut.

Kedua tim saling mengejar poin di awal pertandingan. Saat Unair mencetak dua angka, Unmer menyusul lewat tembakan three-point Anjali Ifana Kulalein. Tim kampus dari Surabaya itu unggul kembali dengan 8-3 di tiga menit pertama. Poin terus diciptakan Unair hingga selisih mencapai 17 poin di lima menit awal. Meski sudah tertinggal jauh, Unmer tetap mencoba menghasikan poin. Namun, kuarter pertama berakhir dengan keunggulan 31-3 untuk Unair.

Anjali menambah dua poin untuk Unmer di kuarter kedua. Ketangguhan Unair masih belum bisa diatasi oleh tim Malang ini. Ursula dkk. terus menghasilkan angka hingga kuarter kedua berakhir dengan skor telak 64-5.
Di tiga menit pertama kuarter ketiga, Unair menambah sembilan poin. Penambahan skor juga dilakukan oleh putri Unmer lewat free-throw di satu menit terakhir. Tembakan yang dilakukan Aena Linda Mutrika menjadikan poin berada di angka 6-88.

Poin yang dicetak Unmer cukup banyak di kuarter keempat. Di menit keempat, tembakan tripoin Mita Mayuni sukses menambah angka untuk kampusnya. Ia mencetak empat kali berturut-turut tembakan tiga angka hingga dua menit akhir pertandingan. Partisipasinya tersebut membuat Unmer sukses menambah 12 poin di kuarter akhir. Akan tetapi, kemenangan di pertandingan ini dipegang oleh putri Unair dengan skor 103-18.

Dengan hasil tersebut, Unair berada di klasemen atas Pul Y, sedangkan Unmer berada di klasemen terbawah.
Meski harus menelan kekalahan, Nuria Helianti Arista selaku pelatih Unmer hanya berharap para pemainnya bisa menikmati proses yang mereka jalani di kompetisi pertama ini. “Sepanjang sejarah berdirinya Unmer, kami baru memiliki tim basket putri ini. Mungkin para pemain masih merasa gerogi karena ini merupakan pertandingan pertama mereka. Namun, di akhir-akhir pertandingan, mereka sudah mulai menguasai diri dan membaca srategi lawan hingga bisa menembus pertahanan beberapa kali. Saya hanya berharap para pemain bisa bermain sebaik mungkin dan menikmati prosesnya,” ucap Nuria.

Sementara itu, pelatih Unair, Aries Herman berkata, “Kami hanya berusaha untuk menjadi juara grup. Pengalaman dan postur tubuh para pemain mungkin menjadi alasan kami bisa memenangi pertandingan ini. Semoga tim kami dapat bermain dengan stabil di pertandingan selanjutnya.”

“Kami sangat mengapresiasi para pemain Unmer yang merupakan pendatang baru. Semoga mereka bisa ikut lagi tahun depan,” tambah Aries.

Pada Sabtu (27/7) Unair akan menjajal Politeknik Negeri Malang (Polinema), dan Unmer akan bertemu dengan Universitas Brawijaya (UB).

Polinema Menang Usai Laga Ketat

Pertandingan Pul Y lain di LIMA Basketball: McDonald’s East Java Conference Season 7 diisi oleh tim putri Politeknik Negeri Malang (Polinema) dan Universitas Brawijaya (UB) Malang. Kompetisi antarmahasiswa tersebut dimenangi Polinema dengan skor tipis setelah melewati laga ketat.

Polinema mengawali pertandingan dengan mencetak dua poin di menit kedua. Namun, UB menyusul di menit ketiga lewat tripoin. Polinema menghasilkan dua angka lagi dan skor 4-3 untuk Polinema bertahan hingga dua menit akhir kuarter pertama. UB menyamakan kedudukan lewat lemparan free-throws Eva Wijayanti. Skor imbang 4-4 bertahan hingga kuarter ini berakhir.

Susul-menyusul poin masih terjadi di kuarter kedua. Saat UB mencetak dua angka lewat Erlina Eka Sasmita, tak lama kemudian, Polinema juga menghasilkan dua poin. Erlina dkk. mencetak dua poin lagi dan skor menjadi 8-6 di tiga menit pertama. Pertahanan kedua tim sama-sama kuat di kuarter ini. Akan tetapi, UB mampu memanfaatkan lemparan bebas yang mereka dapatkan dengan baik. Hingga detik-detik akhir, Polinema belum mampu menembus pertahanan UB. Kuarter kedua berakhir dengan skor 13-8

Di kuarter ketiga menit keenam, Polinema menembus pertahanan UB dan mengejar keunggulan lawan dengan skor menjadi 14-13. Serangan berturut-turut UB di menit kedelapan belum berhasil membalikkan keadaan. UB mengimbangi skor 15-15 di dua menit terakhir dan unggul dengan 17-15 di sisa waktu 40 detik.

Di kuarter keempat, UB mendapat dua poin berkat tembakan Laksmi Adlina Yudihartin di menit ketiga. Sementara itu, kemenangan Polinema berawal dari lemparan free-throws Nur Faizah Rakhmawati di menit kelima. Tembakkan tersebut membuat poin imbang 21-21 antara kedua tim. Lintang Putri Syafira melakukan shooting dan meraih dua poin di sisa waktu 40 detik. Skor 23-21 untuk kemenangan Polinema bertahan hingga akhir laga.

Dengan hasil ini, Polinema menempati posisi kedua klasemen Pul Y. Mereka akan menghadapi Universitas Airlangga (Unair) pada Sabtu (27/7). Selain itu, UB yang berada di peringkat ketiga akan bertanding dengan Universitas Merdeka Malang (Unmer) di hari yang sama.

Manajer Polinema, Fauzi berkata, “Kami sadar tim UB merupakan tim kuat. Berdasarkan sejarah, kami jarang bisa menang melawan tim putri UB. Ketika bertanding tadi, tim kami sangat kerepotan, banyak kesalahan mendasar yang kami lakukan, serta defense yang sering kecolongan. Akan tetapi, dengan adanya arahan dari pelatih, mental bertanding anak-anak perlahan kembali membaik. Kemenangan ini patut kami syukuri karena dapat unggul dari tim kuat,”

Sementara itu, pelatih UB, Reza Kuncoro mengaku para pemain sudah berusaha semaksimal mungkin. “Pertandingan tadi sangat ketat dan kami sudah bermain semaksimal mungkin. Kekalahan yang kami dapat sepertinya karena mental para pemain kami kurang baik. Mereka juga bermain dengan terburu-buru. Jam terbang para pemain dan pelatih Polinema juga bagus. Jadi, kami masih butuh waktu untuk berlatih lebih keras. Kami akan melakukan evaluasi dari gim ini untuk persiapan bertanding ke depannya,” ucap Reza.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIMA Basketball: McDonald's EJC Season 7