Connect with us

Other Sports

7 Kampus yang Aktif Bekerja Sama dengan Liga Mahasiswa

Kompetisi LIMA Swimming: Blibli.com West Java Conference Season 2
Kesuksesan yang telah dicapai Liga Mahasiswa (LIMA) selama tujuh tahun ini tidak hanya berasal dari usaha LIMA sendiri. Akan tetapi, banyak pihak-pihak yang berpartisipasi dan mendukung setiap kegiatan yang dilakukan oleh LIMA sehingga dapat terus berkembang sampai saat ini. Salah satunya adalah kampus-kampus yang telah bekerja sama dan memercayai LIMA untuk  mengadakan kegiatan di kampusnya. Berikut tujuh kampus yang aktif bekerja sama dengan LIMA :
1. Universitas Islam Indonesia
Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan salah satu kampus yang terletak di daerah Yogyakarta. Perguruan tinggi swasta nasional tertua tersebut menjadi kampus yang paling sering bekerja sama dengan Liga Mahasiswa (LIMA). Kerja sama pertama di jalin saat kegiatan LIMA Basketball: Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference (CJYC) Season 2 pada 2014. LIMA kembali mengadakan pertandingan basket di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo tersebut selama tiga musim berturut-turut, yaitu pada musim keempat hingga keenam tahun lalu. Selain cabang olahraga basket, LIMA juga mengadakan LIMA Futsal CJYC di UII pada 2016 – 2018. Mulai dari musim pertama hingga musim ketujuh yang masih berjalan ini, LIMA sudah tujuh kali bekerja sama dengan UII. Selain kerja sama, LIMA juga sempat mengadakan LIMA Training and Workshop di UII dengan 79 peserta yang hadir.
2. Universitas Airlangga
Kampus kedua setelah Universitas Islam Indonesia (UII) yang aktif bekerja sama dengan Liga Mahasiswa (LIMA) adalah Universitas Airlangga (Unair). Terhitung LIMA sudah enam kali bekerja sama dengan kampus yang berada di Surabaya tersebut. Di musim keempat dan keenam, LIMA mengadakan dua perhelatan semusim, yaitu LIMA Basketball: East Java Conference (EJC) dan LIMA Badminton (EJC). Selain itu, LIMA juga sudah mengadakan LIMA Basketball Season 3 dan Season 5 di GOR Unair Kampus C tersebut.
3. Universitas Pelita Harapan
Universitas Pelita Harapan (UPH) masuk ke urutan ketiga karena pernah bekerja sama dengan Liga Mahasiswa (LIMA) sebanyak lima kali sejak 2014. Di musim kedua, LIMA melaksanakan tiga cabang olahraga di kampus yang terletak di daerah Karawaci tersebut. Cabang olahraga tersebut adalah LIMA Basketball: Greater Jakarta Conference (GJC), LIMA Badminton GJC, dan LIMA Futsal GJC. LIMA juga kembali mengadakan LIMA Basketball di Sports Center UPH selama dua tahun pada musim kelima dan keenam.
4. Universitas Pendidikan Indonesia
Meski hanya bekerja sama empat kali, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan salah satu kampus yang paling awal menjalin kerja sama dengan Liga Mahasiswa (LIMA). Kerja sama antara UPI dan LIMA terjalin di awal musim kompetisi LIMA. Pada 2013, LIMA mengadakan LIMA Badminton di Sport Hall Building, UPI. Di musim kedua pada 2014, LIMA menjalankan tiga kegiatan di kampus yang berada di kota Bandung tersebut, yaitu LIMA Basketball, LIMA Badminton dan LIMA Swimming yang diadakan di kolam renang UPI.
5. Universitas Sebelas Maret
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tercatat sudah tiga kali melakukan kerja sama dengan Liga Mahasiswa (LIMA). Kerja sama tersebut masih dalam lingkup venue untuk mengadakan kompetisi-kompetisi yang digelar oleh LIMA. UNS melakukan kerja sama sejak tahun ketiga LIMA mengadakan turnamen. Saat pertama kali bekerja sama pada 2015, LIMA melaksanakan LIMA Basketball regional Jawa Tengah di UNS. Kemudian, di musim kelima dan keenam, LIMA kembali menjalin kerja sama untuk kegiatan LIMA Badminton: Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference. LIMA juga sempat mengadakan LIMA Training and Workshop bersama 127 peserta di UNS pada April tahun lalu.
6. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Sama seperti UNS, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) juga melakukan kerja sama sebanyak tiga kali dengan Liga Mahasiswa (LIMA). Kerja sama yang dilakukan oleh kampus di Malang tersebut dimulai pada kompetisi LIMA musim kelima. Pada 2017, LIMA melaksanakan kompetisi dua cabang olahraga berbeda di UIN Maliki, yaitu LIMA Basketball: East Java Conference (EJC) dan LIMA Futsal EJC. Di musim keenam tahun lalu, UIN Maliki kembali menjadi tuan rumah untuk LIMA Badminton EJC. Selain itu, LIMA juga pernah menyelenggarakan LIMA Training and Workshop di UIN Maliki selama empat hari berturut-turut pada 2017 dengan total 367 peserta yang hadir.
7. Institut Pertanian Stiper
Untuk kompetisi regional Jawa Tengah, kerja sama antara Liga Mahasiswa (LIMA) dengan Institut Pertanian Stiper (Instiper) masih terbilang baru. Kerja sama tersebut mulai dilakukan pada musim keenam lalu, dilanjutkan musim ketujuh tahun ini dengan ajang yang sama, yaitu LIMA Badminton: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference (CJYC). Walau terbilang baru, tahun ini Instiper juga menjadi tuan rumah LIMA Badminton: Nationals Season 7.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Other Sports