Connect with us

Other Sports

7 Kampus Paling Aktif Berpartisipasi di Kompetisi Liga Mahasiswa

Pertandingan LIMA Golf: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference Season 3
Liga Mahasiswa telah menghadirkan banyak kompetisi selama tujuh tahun terakhir. Para peserta yang berpartisipasi pun mewakili kampusnya. Dari banyaknya kampus yang ikut turnamen LIMA, ada tujuh kampus yang aktif berpartisipasi. Berikut daftar ketujuh kampus tersebut :
1. Universitas Pelita Harapan
Universitas Pelita Harapan (UPH) merupakan salah satu kampus yang sering berpartisipasi di setiap pertandingan yang diadakan Liga Mahasiswa (LIMA). UPH cukup aktif karena selalu mengikuti kompetisi LIMA di setiap cabang olahraga. Untuk pertandingan basket dan badminton, UPH sudah berpartisipasi sejak LIMA hadir untuk pertama kalinya pada 2013. Tidak hanya ikut serta, tim dari UPH juga memiliki prestasi yang membanggakan, baik di cabang olahraga basket maupun badminton. Selain itu, mereka juga pernah mengikuti kompetisi renang dan golf. Di musim pertama, UPH mengirim tiga perenang putra, tiga perenang putri, dan dua pemain golf. Namun di musim ketiga dan keempat, UPH tidak berpartisipasi di cabang olahraga renang karena hanya dilaksanakan di Yogyakarta. UPH juga mengikuti kompetisi LIMA Futsal mulai dari musim kedua hingga musim keenam tahun lalu. Tidak ketinggalan, kampus yang berada di daerah Karawaci tersebut juga hadir di cabang olahraga sepak bola. Maret lalu, UPH juga ikut serta LIMA Badminton: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa UPH sudah mengikuti semua turnamen LIMA di berbagai cabang olahraga.
2. Universitas Negeri Jakarta
Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terhitung menjadi salah satu yang aktif berpartisipasi karena sudah mengikuti kejuaraan Liga Mahasiswa (LIMA) dari musim pertama. Pada 2013, UNJ mengikuti tiga cabang olahraga yang dilaksanakan oleh LIMA. Diantaranya adalah basket, renang dengan mengirim lima perenang putra dan lima perenang putri, serta satu perwakilan untuk golf. Di musim kedua, meski dilaksanakan di Bandung, UNJ tetap mengirim perwakilan mereka untuk cabang olahraga renang. Satu pemain golf dan tim basket UNJ juga kembali hadir untuk mengikuti kompetisi. Di musim ketiga, selain pertandingan basket dan renang, UNJ juga berpartisipasi dalam pertandingan badminton dan futsal. Dan pada 2016, UNJ hanya mengikuti tiga cabang olahraga, yaitu basket, badminton, dan futsal. Di musim keenam tahun lalu, UNJ masih berpartisipasi di tiga cabang olahraga tersebut, dan menambah keikutsertaannya di LIMA Football 2018. Pada kompetisi LIMA Badminton: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference yang diadakan awal Maret lalu, tim UNJ masih berpartisipasi untuk mewakili kampusnya.
3. Universitas Pendidikan Indonesia
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan kampus asal Bandung yang sering mengikuti turnamen Liga Mahasiswa (LIMA). UPI mulai mengikuti kejuaraan LIMA sejak 2013 di LIMA Basketball: Blibli.com West Java Conference (WJC) dan LIMA Badminton WJC Season 1. UPI juga mengirim empat perwakilan putra dan empat perwakilan putri untuk berpartisipasi di LIMA Swimming WJC. UPI mengikuti ketiga cabang olahraga tersebut hingga musim ketiga. Di musim kedua, putri UPI mulai mengikuti turnamen futsal bertitel Nusantara Conference yang diadakan di Sport Hall Universitas Pelita Harapan (UPH). Hingga pertandingan LIMA musim keenam tahun lalu, UPI masih aktif mengikuti empat cabang olahraga tersebut. Di tahun ini, UPI juga berpartisipasi di LIMA Badminton WJC yang digelar di GOR Tri Lomba Juang pada Maret lalu.
4. Universitas Padjajaran
Universitas Padjajaran (Unpad) terbilang aktif berpartisipasi di kompetisi Liga Mahasiswa (LIMA). Cabang olahraga yang pernah diikuti Unpad adalah basket, badminton, renang, futsal, sepak bola dan golf. Unpad sudah ikut serta di LIMA Basketball: Blibli.com West Java Conference (WJC) sejak musim pertama hingga musim keenam. Di LIMA Swimming WJC, Unpad ikut serta selama dua musim, yaitu pada 2013–2014. Cabang olahraga golf hanya diikuti Unpad saat LIMA Golf 2013. Untuk cabor badminton, Unpad mulai berpartisipasi di musim kedua hingga musim ketujuh tahun ini. Sama seperti badminton, Unpad juga mengikuti kompetisi futsal pada 2014–2018. Unpad menambah partisipasinya saat pertandingan sepak bola tahun lalu. Tim kampus asal Bandung itu bersedia jauh-jauh datang ke Jakarta untuk mengikuti LIMA Football: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference Season 6.
5. Universitas Surabaya
Universitas Surabaya (Ubaya) mengikuti kompetisi Liga Mahasiswa (LIMA) sejak 2013. Di musim pertama tersebut, Ubaya hanya mengikuti dua cabang olahraga, yaitu basket dan renang. LIMA Basketball: McDonald’s East Java Conference (EJC) diikuti oleh tim putra dan tim putri Ubaya. Di LIMA Swimming EJC, Ubaya mengirim lima perwakilan perenang putra. Ubaya masih mengikuti kedua cabang olahraga tersebut hingga musim keempat. Di musim kedua, Ubaya mulai mengikuti pertandingan badminton yang digelar di Jakarta. Di musim ketiga, Ubaya juga berpartisipasi di LIMA Futsal Nusantara Conference yang dilaksanakan di Vidi Arena, Jakarta. Ubaya sempat absen di LIMA Badminton EJC Season 3, namun hadir kembali di musim keempat. Kampus yang berada di Jawa Timur tersebut mengikuti pertandingan futsal pada 2016 yang bertitel LIMA Futsal: Kaskus Central Java Conference + LIMA Nusantara Conference yang diadakan di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, Universitas Islam Indonesia (UII). Di musim keenam, Ubaya masih mengikuti kompetisi basket, badminton, dan futsal. Sementara di LIMA Badminton EJC tahun ini, Ubaya masih terus berpartisipasi.
6. Universitas Budi Luhur
Universitas Bud Luhur (UBL) sudah seperti peserta tetap di kompetisi Liga Mahasiswa (LIMA) cabang olahraga basket dan badminton. Pasalnya, UBL sudah mengikuti hampir semua pertandingan kedua cabor tersebut dari musim pertama hingga keenam. Namun untuk cabor basket, UBL sempat absen satu kali di LIMA Basketball: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference (GJC) tahun lalu. Untuk badminton sendiri, tahun ini UBL masih ikut serta pada kompetisi yang dilaksanakan Maret lalu. Selain basket dan badminton, UBL juga ikut serta dalam pertandingan cabor futsal dan sepak bola. UBL mengikuti LIMA Futsal GJC di musim kedua sampai musim keenam. Untuk sepak bola, UBL berpartisipasi pada LIMA Football GJC Season 6.
7. Universitas Trisakti
Universitas Trisakti (Usakti) merupakan salah satu kampus yang sudah lama mengikuti kompetisi Liga Mahasiswa (LIMA). Di awal musim, Usakti hanya mengikuti pertandingan renang dengan mengirim satu wakil. Di musim kedua, Usakti mulai mengikuti pertandingan lain, seperti basket dan badminton. Hingga musim ketujuh tahun ini, Usakti masih aktif mengikuti LIMA Badminton: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference (GJC). Untuk cabang olahraga basket sendiri, Usakti hanya berpartisipasi di musim kedua dan ketiga. Sedangkan untuk futsal, kampus yang terletak di daerah Jakarta Barat tersebut berpartisipasi pada 2014 – 2016. Usakti juga ikut serta dalam LIMA Volleyball GJC pada musim keenam lalu.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Other Sports