Connect with us

News

10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics

Webometrics, sebuah laman yang berisikan informasi mengenai peringkat perguruan tinggi terbaik di seluruh dunia. Total terdapat 31.000 kampus masuk ke dalam daftar tersebut, termasuk di dalamnya terdapat perguruan tinggi dari Indonesia.

Seperti yang dilansir dari situs resmi webometrics.com, terdapat sejumlah indikator dan metodologi yang dilakukan untuk bisa memberikan nilai dan melakukan pemeringkatan tersebut. Dari banyaknya indikator dan metodologi yang dijabarkan, di antaranya sebagai berikut:

  • Visibilitas yaitu jumlah jaringan eksternal (subnet) yang terhubung ke situs web institusi tersebut
  • Transparansi (atau keterbukaan) adalah poin yang dihitung dari jumlah file dari berbagai jenis di mana file tersebut bisa diakses dan terhubung di situs resmi perguruan tinggi tersebut
  • Keunggulan (atau sarjana) adalah penilaian yang diambil dari jumlah artikel ilmiah karya civitas akademika perguruan tinggi tersebut yang dipublikasikan di situs mereka.

Sebagai salah satu situs diinisiasi oleh Cybermetics Lab, sebuah kelompok riset yang telah menjadi bagian dari badan riset publik terbesar di Spanyol yaitu Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC), Webometrics telah melakukan pekerjaan ini sejak tahun 2004. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan nilai akses terbuka terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Adapun beberapa kampus ternama di Indonesia telah masuk ke dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Webometrics. Berikut adalah 10 besar perguruan tinggi di Indonesia yang masuk ke dalam pemeringkatan Webometrics tahun 2021:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kampus yang berasal dari kota Yogyakarta, UGM, berhasil menduduki peringkat satu daftar 10 kampus terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics. Dalam daftar peringkat dunia, UGM menempati peringkat ke-810.

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB menjadi kampus yang menduduki peringkat kedua 10 kampus terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics. Kampus yang berada di kota Hujan, Bogor, tersebut juga menempati peringkat ke-1088 di dunia.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Satu peringkat di bawah IPB, terdapat ITS yang berhasil meraih peringkat ketiga kampus Indonesia terbaik 2021 versi Webometrics. Tidak hanya itu, kampus yang berasal dari kota Pahlawan, Surabaya, tersebut juga hanya selisih satu peringkat dari IPB di peringkat dunia. ITS menempati peringkat ke-1089.

  1. Universitas Indonesia (UI)

Tidak lengkap pastinya jika tidak memasukkan UI ke dalam 10 kampus terbaik di Indonesia. Kali ini, kampus yang berada di Depok tersebut menduduki peringkat keempat 10 kampus terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics. Di pemeringkatan dunia, UI berada di peringkat ke-1315.

  1. Universitas Airlangga (Unair)

Kampus kedua dari Surabaya yaitu Unair berhasil menempati peringkat kelima 10 kampus terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics. Unair juga berhasil menduduki peringkat ke-1322, berbeda tujuh peringkat dari UI, di pemeringkatan kampus terbaik di dunia versi Webometrics.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Bumi Pasundan, yakni Bandung, mampu mengirimkan satu kampusnya untuk menempati 10 kampus terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics. Ialah ITB, kampus yang berada di kota Bandung, Jawa Barat, yang berhasil menduduki peringkat keenam 10 kampus terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics. ITB juga menduduki peringkat ke-1647 di pemeringkatan kampus terbaik di dunia versi Webometrics.

  1. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Binus berhasil menjadi satu-satunya kampus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan berasal dari Jakarta yang menduduki 10 kampus terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics. Binus duduk di peringkat ketujuh untuk 10 kampus terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics dan peringkat ke-1902 pemeringkatan kampus terbaik di dunia versi Webometrics.

  1. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Daerah yang memiliki semboyan “Berseri”, Surakarta, berhasil mengirimkan satu wakilnya, yakni UNS, untuk duduk di peringkat kedelapan dalam 10 kampus terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics. Selain itu, UNS juga menempati peringkat ke-1990 kampus terbaik di dunia versi Webometrics.

  1. Universitas Diponegoro (Undip)

Ibukota Provinsi Jawa Tengah, Semarang, perlu berbangga hati karena salah satunya kampus terbaiknya yaitu Undip berada di peringkat kesembilan 10 kampus terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics. Tidak hanya itu, Undip juga berada di peringkat ke-1994 kampus terbaik di dunia versi Webometrics, berbeda empat peringkat dari UNS.

  1. Universitas Jember (Unej)

Perguruan tinggi terbesar di Kota Jember, Jawa Timur, Unej, berhasil menduduki peringkat ke-10 dalam 10 kampus terbaik di Indonesia tahun 2021 versi Webometrics. Unej juga berhasil meraih peringkat ke-2053 dalam pemeringkatan kampus terbaik di dunia versi Webometrics.

Itulah ke-10 kampus terbaik dari Indonesia versi Webometrics.com. Selamat kepada 10 kampus di atas atas pencapaian ini. Apakah terdapat kampusmu di 10 peringkat tersebut?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in News